Alsintan Dukung Produksi Pangan

Alsintan Dukung Produksi Pangan

JAMBI-Alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi faktor penting dalam mendukung produksi pangan di Provinsi Jambi. Pasalnya, alsintan ini dapat mempercepat dan menigkatkan mutu pengolahan tanah dan intensitas pertanian.

‘’Alat dan mesin pertanian   ini akan memberikan andil yang sangat penting dalam mendukung produksi pangan,’’ tegas  Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi Amrin Aziz saat memberikan materi pada  Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian ( UPJA ) yang diikuti oleh 50 peserta di Abadi Hotel, kemarin.

Di samping menjelaskan manfaat penggunaan alsintan, Amrin Aziz juga menjelaskan fungsi utama kelembagaan ( UPJA ). Menurutnya,  fungsi utama  UPJA  ini adalah dalam bentuk pelyanan jasa alsintan dalam pembudidayaan tanaman, penyiapan lahan, olah tanah, pemberian irigasi, termasuk mendorong peningkatan hasil pertanian.

Diakui Amrin,  walaupun Jambi setiap tahun telah terjadi peningkatan pelayanan jasa alsintan tapi tetap saja masih memiliki keterbatasan, seperti keterbatasan modal, dan rendahnya SDM dalam pengembangannya.

‘’Ke depannya, UPJA sangat memerlukan koordinasi dengan instansi terkait baik di dalam maupun di luar lingkup pemerintah secara terus menerus, sehingga dalam perkembangannya UPJA diharapkan akan mampu memberikan andil dalam pembangunan pertanian, agar mencapai efisiensi signifikan dalam aspek panen dan pasca panen,’’ pungkasnya.

(cr7/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: