DAK2 Diserahkan ke KPUD Muarojambi

DAK2 Diserahkan ke KPUD Muarojambi

SENGETI - Berdasarkan dari Data Agregat Kependudukan perKecamatan (DAK2), jumlah penduduk Muarojambi pada tahun 2012 ini sebanyak 355.198 jiwa. Jumlah ini terdiri dari laki-laki sebanyak 186.454 jiwa, dan perempuan 168.744 jiwa.

            DAK2 ini didapat dari database kependudukan yang sudah dimutakhirkan kabupaten/ kota melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sampai dengan 20 November 2012, serta telah diintegrasikan dengan hasil perekaman E- KTP sampai dengan 26 November 2012 oleh Ditjen Dikcapildagri sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 470/3264/SJ, 29 Agustus 2012.

            Kadisdukcapil Muarojambi, Drs Zakaria MSi, mengatakan DAK2 ini dimaksudkan untuk dasar KPUD dalam menetapkan jumlah perwakilan dapil legislatif per Kecamatan dan jumlah pemilih Muarojambi dalam Pileg 2014 mendatang. ‘’Data ini telah divalidasi Pemerintah Pusat dan dijadikan dasar penentuan perwakilan legislatif perKecamatan, dan selanjutnya untuk persiapan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4),’’ ujarnya.

            Lebih lanjut, Kadis mengatakan penyerahan ini sendiri diserahkan oleh Bupati Muarojambi langsung ke KPUD Muarojambi tepat 16 bulan sebelum pelaksanaan Pemilihan Legislatif 2014 mendatang. ‘’Penyerahan serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Gubernur menyerahkan ke KPUD Provinsi, Bupati/Walikota menyerahkan ke KPUD Kabupaten, jadi penyerahan ini selanjutnya akan diteruskan oleh KPUD untuk dijadikan DP4,’’ tukasnya.

            Dengan penyerahan DAK2 ini, Kadis berharap agar dapat dijadikan angka valid untuk mengetahui jumlah penduduk Muarojambi dan juga untuk dimanfaatkan pelaksanaan Pemilu sehingga demokrasi dapat berjalan sesuai amanah konstitusi yang ada.

(era)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: