Sektor Ekonomi Kerakyatan Ditingkatkan

Sektor Ekonomi Kerakyatan Ditingkatkan

MERANGIN - Rencana Pemerintah Kabupaten Merangin untuk meningkatkan sektor ekonomi kerakyatan, sudah dilakukan secara matang. Buktinya, pada alokasi RAPBD tahun 2013, Pemkab Merangin sudah menganggarkan sejumlah dana.Sektor tersebut yakni di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan.

Sebab, pada APBD 2013 mendatang, peningkatan empat sektor tersebut tertuang dalam RAPBD 2013. Pasalnya, tahun anggaran 2013 pada SKPD Disnak akan dialokasikan dana pengembangan Budidaya Ikan di KJA sebanyak 9.600 ekor benih. Kemudian, pembuatan dan pengembangan budidaya kolam sebanyak 18 unit serta pengadaan 4.000 kilogram pakan ikan untuk menunjang operasional BBI Talang Kawo Bangko. Selain itu, di SKPD Disbunhut sudah dialokasikan dana pengadaan bibit karet Klon anjuran 12.500 batang dan pengadaan kecambah sawit sebanyak 65.000 kecambah.

Tidak itu saja, sektor Dinas PTPH juga sudah dialokasian pengadaan benih/bibit tanaman hortikultura dan pengadaan benih tanaman pangan, baik dalam bentuk program pemerintah Merangin maupun dalam rangka menunjang program pemerintah seperti kebutuhan anggaran penunjang atas bantuan benis kentang sebanyak 15.000 Knol jenis G-0, 40.000 Knol jenis G-1 dan 7.500 Kg jenis G-2. Bibit ini nantinya akan ditangkarkan di BBU Hortikultura Jangkat dengan Komposisi 53 Hektar per70 Ton Benih. Penunjang bantuan bibit jagung dari pemerintah Provinsi Jambi untuk lahan seluas 29 Hektar pada BBU Pangan Dusun Tuo/Sungai Tebal dan BBU Pangan Margoyoso. “Semua alokasi ini sebagai penunjang program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang tersektor di empat bidang,” kata Bupati Merangin Drs H Nalim SH MM.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: