>

40 Ribu Warga Merangin Belum Rekam Data e-KTP

40 Ribu Warga Merangin Belum Rekam Data e-KTP

MERANGIN - Sejauh ini, dari total 189 ribu target E-KTP nasional untuk Kabupaten Merangin, kurang lebih sekitar 40 ribu atau sekitar 20 persen warga Merangin belum melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

            Meski menyisakan waktu beberapa minggu, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Merangin optimis program E-KTP hingga akhir tahun akan terealisasi 100 persen. ‘’Kami optimis hingga akhir tahun 2012 perekaman E-KTP akan terealisasi 100 persen,’’ kata Kadis Dukcapil Merangin, Johan Efendi, kemarin.

            Untuk mengenjot realisasi perekaman e-KTP, akunya, Dukcapil akan melakukan upaya system jemput bola ke masyarakat, yakni melakukan perekaman e-KTP di Polres Merangin dan Kodim 0420 Sarko. ‘’Saya yakin upaya ini sangat efektif,” jelasnya.

            Selain itu, katanya, pihaknya mengharapkan kepada pihak kecamatan agar melakukan percepatan perekaman e-KTP. Dari 24 kecamatan di Merangin, beberapa kecamatan menunjukan antusiasme terhadap program nasional ini. ‘’Sudah ada beberapa kecamatan yang realisasi perekaman e-KTP sudah mencapai seratus persen. Kepada kecamatan lainnya yang masih berusaha, kami harapkan melakukan berbagai upaya agar realisasi perekaman data e-KTP berjalan maksimal,’’ tuturnya.

            Dikatakannya, sejak awal 2013 ditargetkan semua masyarakat Merangin telah mengunakan e-KTP. Kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman hingga akhir tahun 2012. ‘’Kemungkinan pembuatan E-KTP pada tahun 2013 tidak lagi digratiskan. Jika Pemkab mampu, dan memiliki kebijakan melalui Peraturan Daerah, maka pembuatan e-KTP tetap digratiskan,’’ tegas Johan seraya menghimbau kepada warga Merangin yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera datang ke kantor camat di wilayah masing-masing.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: