>

2013, Pemerintah Usulkan Program PNPM

2013, Pemerintah Usulkan Program PNPM

MERANGIN - Pada tahun 2013, Pemkab Merangin kembali bakal mengelontorkan program yang masuk dalam usulan RAPBD Merangin dan merupakan program lanjutan PNPM di Merangin.

            ‘’PNPM ini secara teknis dirumuskan sebagai program padat karya dengan mengoptimalkan kontribusi masyarakat dalam pelaksanaannya, sementara kebutuhan anggaran belanja dialokasikan ke Dinas PU Merangin,’’ jelas Bupati Merangin Drs H Nalim SH MM.

            Tidak itu saja, katanya, awalnya tahun 2013 nanti PNPM ini akan tersektor pada 54 desa yang dipilih sebagai percontohan. Pemilihan desa sasaran, dilakukan dengan pertimbangan skala prioritas terhadap kondisi dan minimnya infrastruktur. ‘’Terutama pada desa-desa yang terisolir dan terpencil,’’ ujar Bupati.

            Pada kegaitan PNPM ini secara umum akan ditujukan pada pembangunan infrastruktur desa -- yang mencakup, jalan, jembatan, dan komponen terkait. Selanjutnya upaya peningkatan hasil produksi pertanian meliputi irigasi tersier.

            Tidak itu saja, dari sector peningkatan pemasaran dan pertanian, PNPM ini akan meningkatkan infrastruktur pasar desa, gudang produksi, dan lantai jemur. Terakhir sebagai peningkatan layanan sarana air bersih dan sanitasi lingkungan yang meliputi perpipaan, bak penampungan air bersih, cek DAM, kamar mandi umum (MCK) dan drainase.

            ‘’Diharapkan paling lambat 2 atau 3 tahun kedepan PNPM yang akan berkelanjutan setiap tahun ini akan menangani seluruh desa dan kelurahan yang ada di Merangin,’’ tandas Bupati.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: