BKD Tutup Pelatihan Kompetensi Sekdes

BKD Tutup Pelatihan Kompetensi Sekdes

MUARASABAK - Usai dididik selama lima hari berturut-turut dengan waktu pendidikan selama 60 jam di Gedung Diklat BKD dan Mess PKK Tanjab Timur, maka kemarin Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sekretaris Desa (Sekdes) bagi 72 Sekdes di Tanjab Timur, resmi ditutup.

            Kepala BKD Tanjab Timur, Abdul Rasid, melalui Sekretaris, Jangcik mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut PP No 45/2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekdes menjadi PNS dan PP No 72/ 2005 tentang Desa. ‘’Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan sekaligus kompetensi Sekdes yang telah diangkat menjadi PNS,’’ ujarnya.

            Dikatakannya, 72 peserta diklta ini, terdiri 70 peserta pria dan dua peserta wanita. Secara umum pelaksanaan Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes telah berjalan dengan baik dan lancar. ‘’Mulai dari penerimaan peserta, pemberian materi oleh narasumber sampai dengan acara penutupan yang kami laksanakan,’’ bebernya.

            Sementara Bupati Tanjab Timur, Zumi Zola Zulkifli, yang diwakilkan Asisten III Setda Tanjab Timur, Umar Mahmud, mengatakan Sekdes merupakan unsur utama peningkatan SDM aparatur yang memiliki peranan sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Desa. ‘’Ini berarti seorang Sekdes harus mampu memainkan peranannya di masyarakat,’’ katanya.

            Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sekdes, lanjut Umar, adalah langkah yang dilaksanakan pemerintah dalam pembentukan sikap dan peningkatan SDM aparatur Sekdes

            Umar mengharapkan, melalui diklat ini, Sekdes dapat mengalami perubahan aspek sikap, tingkah laku, mental dan semangat pengabdian. ‘’Kompetensi kemampuan manajerial serta kepempimpinan, menuju peningkatan kualitas ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi sangat penting karena beban berat tugas dan tanggungjawab sekdes sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,’’ tandasnya.

(yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: