Pengolahan DPS Belum Rampung

Pengolahan DPS Belum Rampung

BANGKO – Hingga saat ini KPU Merangin tak kunjung memastikan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilukada Merangin 25 Maret mendatang.

Pasalnya, masih ada beberapa kecamatan yang belum menyerahkan rekapitulasi hasil pemutakhiran data pemilih yang dilakukan masing – masing PPS.

Anggota KPU Merangin, M Thoyibi mengatakan, meskipun penetapan DPS sesuai dengan jadwal, yakni 25 Desember 2012, namun ada kendala yang ditemui beberapa PPS, makanya mereka belum menerima rekapitulasi DPS secara lengkap.

“Untuk saat ini kita belum bisa memastikan berapa jumlah DPS dari hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS bersama PPDP, karena masih ada beberapa desa yang belum menyerahkan hasil pemutakhirannya,” ujarnya.

Menurutnya dari 202 desa di Kabupaten Merangin, tinggal sekitar enam desa yang belum menyampaikan hasil pemutakhirannya tersebut, diantaranya beberapa desa di kacamatan Tabir, sebagian lagi di kecamatan Nalo Tantan.

“Selain itu sudah disampaikan semua ke KPU, jadi kita belum bisa memastikan berapa jumlah DPS, mudah – mudahandalam beberap hari kedepan akan segera diketahui totalnya,” katanya.

Ketika ditanya mengenai gambaran apakah jumlah pemilih di Pemilukada nanti akan bertambah dibanding pemilihan terakhir yang terjadi di Merangin, Thoyibi mengaku kesulitan untuk menjelaskan hal tersebut. Karena selain belum terkumpulnya hasil pemutakhiran DPS, hal ini juga disebabkan adanya jumlah pemilih yang berkurang di beberapa wilayah. Misalnya seperti diw Kecamatan Lembah Masurai.

Pada Pemilu lalu, ribuan warga pendatang yang berdomisili di Lembah Masurai dan sekitarnya juga ikut memberikan hak suaranya. Namun untuk Pemilukada kali ini hanya beberapa orang saja dari mereka yang terdaftar dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), dengan demikian artinya ada pengurangan jumlah pemilih dibanding sebelumnya.

‘’Namun karena ini baru Daftar pemilih Sementara, itu nanti hanya gambaran tentang bertambah atau tidaknya jumlah pemilih. Sedangkan untuk kepastiannya, nanti akan dilihat setelah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditetapkan,” tandasnya.

(men/jenn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: