Multistrada Manchester United

Multistrada Manchester United

JAKARTA- PT  Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) ambil dua manfaat utama dari kerjasama dengan klub papan atas liga Inggris, Manchester United (MU). Produsen ban asli Indonesia itu akan ‘curi’ ilmu tata kelola manajamen sepakbola moderen selain dalam rangka branding produknya untuk level international.

Direktur Utama MASA, Pieter Tanuri, mengatakan ada beberapa poin utama yang bisa dipetik dari terjalinnya kontrak kerjasama dengan klub yang memiliki 54 juta penggemar di Indonesia itu. “Pertama dalam jangka pendek ini kita langsung gunakan untuk strategi pemasaran produk kami karena begitu banyak penggemar MU di Indonesia dan seluruh dunia,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Seluruh produk utama MASA terutama ban Achilles, Strada, dan Corsa akan langsung dikemas dengan menambahkan logo MU. Selain itu juga para personal pemain MU berhak digunakan oleh MASA dalam melakukan branding di berbagai jenis media. “Dalam waktu dekat ini mudah-mudahan bulan ketiga (Maret) kita akan datangkan Van Persie, Shinji Kagawa, dan Wayne Rooney ke Indonesia,” kata Pieter.

Mereka akan meramaikan program sosial yang akan digelar perseroan bertajuk Gerakan Sejuta Bola ditujukan untuk masyarakat kurang mampu. Selanjutnya akan dipilih 32 orang pemain muda berbakat dari masyarakat kurang mampu itu untuk dilatih di markas MU.

Pieter merasa bahwa banyak aspek positif yang bisa dimanfaatkan perseroan dari kerjasama berdurasi 3,5 tahun tersebut. Termasuk untuk kinerja perseroan. “Bagi kami selain satu kebanggaan karena produsen ban Indonesia seperti kami bisa dipercaya kerjasama dengan klub sepakbola papan atas juga bisa memudahkan strategi pemasaran kami. Bukan hanya untuk pasar domestik tetapi juga pasar international,” terusnya.

Dalam misi jangka panjangnya, Pieter berharap bisa ‘mencuri’ ilmu tata kelola manajemen sepakbola moderen dari MU untuk dituangkan ke sepakbola Indonesia. “Terutama untuk Persib (PT Persib Bandung Bermartabat) karena kami juga salah satu konsorsium (kepemilikan) di situ. Jadi sebelum Persib IPO (Initial Public Offering) ada baiknya belajar dulu dari MU,” paparnya.

Sayangnya Pieter enggan menyebut berapa nilai kontrak yang disepakati dengan MU itu. “Kami tidak boleh sebut nilainya. Yang pasti kami bangga terpilih karena MU juga menawarkan kepada beberapa perusahaan lain di Indonesia,” ucapnya.

Direktur Komersial Manchester United, Richard Arnold, dalam keterangan resminya mengatakan Manchester United menyambut Multistrada sebagai Official Tire Partner di Indonesia. “Kami selalu mendapatkan dukungan yang luar biasa di negara ini dan hubungan kerjasama ini merupakan cara yang penting untuk menghubungkan klub ini dengan penggemar kami,” ungkapnya.

Meskipun berasal dari dua industri yang sangat berbeda, menurutnya, MASA dan MU memiliki banyak kesamaan yang merupakan dasar utama MU dalam memilih partner. “Saya yakin bahwa ini akan menjadi kerjasama yang sukses,” yakinnya.

Kapasitas produksi ban MASA saat ini mencapai sekitar 50 ribu unit ban per hari termasuk untuk memenuhi permintaan pasar ekspor ke lebih dari delapan puluh tiga negara, dari Alaska hingga ke Australia.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: