Dukungan Jawa di Pilwako Terbelah

Dukungan Jawa di  Pilwako Terbelah

JAMBI-Massa Jawa dilirik banyak kandidat di Pilwako Jambi 2013 mendatang. Pasalnya, ada 3 paguyuban  Jawa aktif dengan jumlah anggota  banyak,  yakni Wisnu Murti yang diketuai Ir. Edi Suranto, PKKJ dengan pengurus aktif H.Samnun (Sablon Eko) dan Arjuna yang diketuai H. Jaelani SH.MH.

Wisnu Murti merupakan paguyuban yang   beranggotakan masyarakat keturuanan Jawa secara umum yakni dari Banten sampa Bali,  Pulau Madura, plus Lombok. Sedangkan PKKJ adalah paguyuban dengan konsentrasi anggota dari Provinsi Jateng terutama Purworejo, Kebumen, Banyumas dan sekitarnya.

‘’Sedangkan Paguyuban Arjuna  memang paguyuban termuda di Provinsi Jambi dengan angota tersebar terutama di sentra-sentra daerah eks transmigrasi. Di Kota Jambi sendiri terdapat lebih kurang 3000 orang angota,’’  jelas H. Jaelani.SH.MH yang juga Karo Hukum Setda Provinsi Jambi.

Posisi sang ketua yang dekat dengan gubernur menunjukan exslusivitas paguyuban ini makin kental. Prestasi ampuh organisasi ini adalah mengahantarkan HBA menjadi gubernur juga Sukandar sebagai Bupati Tebo. Arjuna juga terkenal sebagai organisasi paling solid tertata dan mapan.

Bagai mana menyikapi Pilwako Jambi tahun 2013 mendatang? PKKJ melalui juru bicaranya Salimin mengatakan, dukungan pihaknya tetap pada dr Bambang Priyanto.

‘’Beliau tidak sekedar anggota PKKJ, tetapi Dr bambang terbukti mampu membawa Kota Jambi menuju bernas di tahun 2013 ini. Dr Bambang tokoh paling tepat untuk melanjutkan kemajuan Kota Jambi,’’ katanya.

 Sementara itu Ir. Edy Suranto mengatakan,  dirinya belum pernah mengarahkan anggotanya. Yang terpeting bagi Arjuna adalah siapa saja tetapi bisa kemana saja. Atinya tokoh boleh dari mana saja bukan dari jawa juga tidak apa, tetapi bisa mengayomi masyarakat Jambi terutama masyarakat Jawa.

Sementara itu, paguyuban Arjuna  melalui H.Jaelani.SH.MH, mengatakan, di pilwako pihaknya tidak mau terjebak pada primordial.

‘’Kita hidup di kota Jambi, 4 calon wako bagus semua, dan kita yakin semuanya peduli dan mengayomi. Arjuna mengajak anggota dan masyarakat untuk tidak menyekat asal usul. Siapapun dia putra terbaik Kota Jambi layak kita dukung. Beberapa anggota kita memang ada pada 4 tim calon wako. Sampai detik ini kita belum mengarahkan dukungan dan aspirasi kita. HBA bukan orang Jawa tetapi beliau mengerti dan mahami karakter Jawa, beliau bisa mengayomi orang Jawa sampai sekarang.

Ketika ditanya tentang kaitanya dengan dukungan HBA, Sang ketua menambahkan, ‘’Ya Arjuna lahir bersamaan dengan pencalonan HBA sebagai gubernur. Tetapi kita paguyuban mandiri. Kendati demikian arahan dan masukan HBA layak kita kaji. Karna bagai manapun dia adalah Pimpinan Provinsi Jambi. Jadi mustinya ada sinergi antara Pemprov dan Pemkot. Setiap progam bermanfaat langsung pada masyarakat tetap kita dukung,’’ pungkasnya.

(adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: