Harga Mobil Daihatsu Siap Naik

Harga Mobil Daihatsu Siap Naik

JAKARTA- Bagi yang ingin membeli mobil Daihatsu tahun ini harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berniat menaikkan harga mobilnya antara 1hingga 4 persen untuk menutupi peningkatan biaya produksi.

        Head of Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor, Hendrayadi mengatakan, kenaikan harga ini juga untuk menutup kenaikan biaya yang belum ter-cover pada kenaikan harga tahun lalu. Mengenai waktu kenaikannya, pihaknya belum bisa memutuskan. “Harus melihat juga bagaimana tren permintaan pada tahun ini, kenaikannya nggak banyak hanya 1-4 persen,” ujarnya.

Mobil Daihatsu dengan penjualan terbanyak, Xenia, akan mengalami kenaikan harga sebesar tiga persen atau Rp 3,5 juta. Sedangkan harga Terios akan naik dua persen atau Rp 3,5 juta. Harga Sirion hanya naik satu persen atau Rp 1,8 juta, sementara harga Luxio akan naik dua persen atau Rp 3,4 juta. Sementara harga Grand Max akan naik tiga persen atau Rp 3,2 juta.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, sepanjang tahun 2012, penjualan Daihatsu mencapai 163.068 unit, naik dibandingkan 2011 yang mencapai 137.166 unit. Penjualan terbanyak dikontribusikan oleh Daihatsu Xenia dengan 73.314 unit atau 45 persen dari total penjualan. “Banyak yang bilang ini mobil sejuta umat,\" ungkapnya.

Penjualan terbesar kedua adalah mobil pikap Grand Max dengan 38.170 unit atau 23 persen dari penjualan total. Terbesar ketiga adalah Terios dengan 23.547 unit atau 14 persen. Lalu penjualan Luxio mencapai 7.339 unit atau lima persen dan Sirion sebanyak 6.131 unit atau empat persen dari total penjualan. “Jadi hampir separo penjualan disokong Xenia,” terangnya.

Mobil besutan Daihatsu ini memang termasuk sebagai mobil terlaris di Indonesia, menempati posisi kedua setelah penjualan Toyota Avanza. Namun begitu, di tahun 2012, Xenia mendapatkan ancaman dari Suzuki lewat brand Suzuki Ertiga yang tahun 2012 terjual hingga 34.704 unit. Ada lagi ompetitor baru, yakni Nissan Evalia yang juga mulai menarik pembeli di tahun 2012.

Amelia mengakui, penjualan Xenia di tahun 2012 memang terus naik, namun begitu kompetitor untuk mobil tipe sejenis MPV (Multi Purpose Vehicle) juga turut naik penjualannya. “Mobil MPV memang banyak digemari pembeli di Indonesia. Karena kapasitasnya besar yang dapat memuat 7-8 orang. Pasar Indonesia unik, beli mobil selalu buat keluarga,” tandasnya.

Menurut dia, hampir semua brand tipe MPV bisa masuk dan diterima oleh masyarakat. Namun begitu pihaknya yakin dengan memberikan nilai plus seperti pelayanan yang baik maka pasar Daihatsu tidak akan tergerus. “Banyak produk mirip yang beredar di pasaran, tapi kami membuat perbedaan dengan fokus pada pelayanan,” jelasnya

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: