Mandala Target Operasikan 15 Airbus

Mandala Target Operasikan 15 Airbus

JAKARTA- Maskapai Mandala Airlines makin agresif melebarkan sayapnya di tanah air. Hingga akhir tahun ini, maskapai yang pernah stop beroperasi pada Januari 2011-April 2012 itu bakal menargetkan 15 unit pesawat Airbus A-320. Sejumlah rute potensial pun disiapkan untuk menggaet penumpang.

Direktur Komersial Mandala Airlines Brata Rafly mengatakan sejak resmi beroperasi kembali pada April 2012, pihaknya kian agresif mendatangkan armada. Hingga kini Mandala sudah mengoperasikan enam unit pesawat Airbus A-320. “Pada akhir minggu ini akan datang lagi satu unit A-320 yang sudah kami beli. Harganya antara USD 50-80 juta,” ujarnya kemarin.

Dia mengungkapkan, satu unit pesawat A-320 yang datang pada akhir pekan ini akan digunakan untuk melayani rute terbaru yang rencananya dibuka pada 14 Februari mendatang. Rute baru itu antara lain, Jakarta-Pekanbaru-Singapura serta Pekanbaru-Medan.

Mandala Airlines banyak membuka rute baru yang menghubungkan beberapa kota di tanah air dengan Singapura yang merupakan basis rute operasional Tiger Airways, sister company Mandala Airlines saat ini. Saat ini Mandala telah mengoperasikan pesawat Airbus yang keenam.

Dia mengatakan, jika dihitung sejak Desember kemarin, pihaknya telah meluncurkan tujuh penerbangan perdana. Mandala memulai tahun 2013 dengan membuka tiga rute penerbangan baru yaitu Jakarta-Surabaya, Surabaya-Singapura, dan Surabaya-Kuala Lumpur. “Kita buka baik untuk rute domestik maupun internasional,” terangnya.

Dengan begitu hingga saat ini Mandala genap memiliki 11 rute yaitu empat rute domestik dan tujuh rute internasional. Hal ini, kata Brata, merupakan bentuk komitmen Mandala dalam menjawab kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke dalam maupun luar negeri. “Kami harap di tahun 2013 ini Mandala dapat terus menambah rute baru menarik lainnya dengan harga terjangkau,” tukasnya.

Presdir Mandala Airlines Paul Rombeek sebelumnya mengatakan, penambahan beberapa pesawat Airbus A-320 hingga dapat meningkatkan kapasitas penumpang Mandala Airlines.

Maskapai yang dimiliki oleh Grup Saratoga dan Tiger Airlines ini kini menerbangi 15 kota di Tanah Air dan tiga negara yakni Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok. Jika menggunakan penerbangan Tiger Airways, dapat menjangkau 50 destinasi di 14 negara dunia.

Mandala fokus menggunakan pesawat Airbus karena dianggap lebih irit bahan bakar. “Kita target operasikan 25 pesawat Airbus pada akhir tahun 2015,” jelasnya.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: