Efektifkan Belajar, Terapkan Sistem Moving Class

Efektifkan Belajar, Terapkan Sistem Moving Class

JAMBI-Untuk mengefektikan proses belajar siswanya, maka TK An-Nahl Kota Jambi menerapkan sistem pembelajaran dengan moving class. Hanya di sekolah ini pihak sekolah memberi nama sistem itu dengan kata-kata sentra.

Meski berbeda secara nama dengan moving class, akan tetapi secara sistem pembelajaran hampir serupa. “Pasalnya, dengan sistem sentra itu para siswa TK ini berpindah-pindah lokal dari sentra yang satu ke sentra yang lainnya,” jelas Kepala TK An-Nahl, Vivian Rubianti.

Dijelaskannya bahwa, dengan sistem sentra itu, anak didiknya yang saat ini sebanyak 51 siswa yang dibagi empat lokal itu akan mendatangi ruang sentra itu sesuai dengan  jadwal mereka pada hari itu. Dan pada sentra itu juga siswa akan diajarkan dengan menggunkan alat peraga dengan benda-benda.

“Agar mereka lebih cepat nangkap kita langsung menggunakan benda yang menjadi objek pengajaran kita,” lanjutnya. Menurutnya, dengan menggunakan sentra itu, diharapkan akan lebih bermakna karena setiap ruang itu dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.

Selanjutnya, diharapkan akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan guru mata pelajaran dapat mengkondisikan ruangan mereka sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.

“Dengan itu juga kita berharap meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran,” jelasnya. Selain itu, di TK ini juga memiliki program kunjungan edukatif. Kunjungan edukatif itu para siswa akan dibawa dan mendatangi secara langsung ke objek pembelajaran.

“Kalo kita membahas mengenai polisi kita langsung berkunjung ke polsek terdekat, disana kita perkenalkan anak didik kita dengan yang namanya polisi,” bebernya.

Dia juga mengatakan, siswa juga akan diberikan pembelajaran multi media sekali seminggu, tepatnya pada hari Jumat. Pada hari itu siswa akan dikenalkan dasar-dasar komputer. “Kita hanya sebatas pengenalan terlebih dahulu, karena jika terlalu lama di depan komputer kita takut pada daya pandang mereka,” akunya.

(kta)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: