Syufi & Harkad Sama-sama Optimis

Syufi  & Harkad Sama-sama Optimis

Tes Kesehatan Cabup – Cawabup Merangin Tuntas

JAMBI – Tes kesehatan terhadap Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Merangin telah selesai dilakukan. Hasil tes tersebut akan disampaikan oleh IDI kepada KPU Merangin.

Hari terakhir pemeriksaan kesehatan di RSUD Raden Mattaher kemarin, diikuti oleh pasangan M Syukur-Fauziah (Syufi) dan pasangan Al Haris-Kafid Moein.  Pasangan Syufi datang sekitar pukul 07.30 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan pasangan Harkad datang sekitar pukul 08.30 WIB dan selesai sekitar pukul 13.30 WIB.

“Tes kesehatan sudah selesai, hasilnya, dalam jadwal itu tanggal 4 Februari disampaikan ke KPU,” ujar Ketua KPU Merangin, Barlep kepada sejumlah wartawan kemarin (17/01).

Namun menurutnya, hasil tes tersebut tidak disampaikan secara detail, tetapi hanya secara keseluruhan. “Hasilnya yang disampaikan kekita nanti secara kesimpulan, mampu atau tidak, layak atau tidak yang bersangkutan,” katanya.

Disinggung soal anggaran yang dihabiskan untuk cek kesehatan tersebut, disebutkan Barlep minimal sekitar Rp 80 Juta. Hal ini mengacu kepada pengalaman di daerah lainnya di Provinsi Jambi.

“Mengacu kepada daerah lain, seperti Bungo, Sarolangun itu perkiraaan minimal sekitar Rp 80 juta ke atas. Kita tunggu berapa habisnya dari IDI, biaya ini tidak dibebankan kepada kandidat,” sebutnya.

Mengenai hasil verifikasi berkas kandidat, seperti ijazah, dukungan partai politik dan beberapa persyaratan lainnya, KPU belum bisa memastikannya. “Hasil verifikasi kita belum ada hasil final, sekarang masih berjalan,” tandasnya.

Sementara itu, M Syukur usai menjalani pemeriksaan kesehatan mengaku tidak mengalami kendala.

“Tidak ada kendala, semuanya berjalan lancar. Persiapan kita hanya puasa dari pukul 22.00 WIB semalam (kemarin malam, red). Yang diperiksa semuanya,” sebutnya.

Terpisah, Al Haris juga mengungkapkan hal yang senada. Ia juga optimis akan lolos tes kesehatan tersebut.

“Kita menjalani pemeriksaan lengkap, mulai dari kondisi fisik dan juga kejiwaan. Untuk psikotes kita diberikan 566 pertanyaan, secara umum Insyaallah kita sehat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua tim pemeriksaan, Dr Nadrizal kepada sejumlah wartawan mengatakan, tes kesehatan tersebut meliputi kesehatan fisik dan juga kejiwaaan.

“Seluruhnya kita periksa, seperti penyakit dalam, jantung, paru-paru, THT, mata dan lainnya. Untuk psikotes, kandidat berikan 566 soal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: