Minta Pemkab Buat Perda

Minta Pemkab Buat Perda

Kesadaran Peternak Masih Minim

MUARA BUNGO – Kesadaran peternak di Bungo untuk tidak membiarkan ternaknya berkeliaran atau mengandangkannya, masih sangat minim. Bagi masyarakat yang melintas di Jalan Jalan-jalan Kota Muara Bungo, tidak perlu heran jika melihat sapi yang berkeliaran. Bahkan,  peternak terkadang cuek dengan kondisi tersebut.

            Kondisi tersebut mendapat sorotan dari Wakil Ketua Persatuan Pedagang Pasar Bawah, Fahri. Meurutnya, ternak yang berkeliaran tersebut sangat menggangu pengguna jalan maupun warga kota. “Ini sangat menggangu,” katanya, kepada sejumlah wartawan.

Selain itu, keindahan kota sangat terganggu dengan keberadaan ternak tersebut. Dia berharap, Pemerintah segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang ternak di tengah kota. “Pemerintah harus segera membentuk Perda yang mengatur hewan ternak, kalau tidak segera dibentuk akan semakin menggangu keindahan kota,” ujarnya.

Menurutnya, pemilik ternak harus mengandangkan ternaknya.“Kita bisa lihat sendiri, ternak yang berkeliaran di jalan Lintas Sumatera sangat banyak. Itu sangat mengganggu pengendara yang meintasi jalan tersebut, apa lagi tu jalan lintas antar Provinsi,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Bungo, AKBP Adi Affandi. Ia mengatakan pemerintah harus segera membuat Perda yang mengatur ternak. “Saat ini pencurian ternak kembali merajalela, ini dikarenakan banyaknya ternak yang dibiarkan tidak diurus oleh pemiliknya dan dibiarkan berkeliaran,” ujar Kapolres.

(fth)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: