Pelantikan Kepsek Tidak Ada Kepentingan

Pelantikan Kepsek Tidak Ada Kepentingan

MUARASABAK - Adanya isu yang beredar yang menyebutkan adanya sarat kepentingan untuk menjadi Kepala Sekolah (Kepsek), langsung dibantah Kadis Pendidikan Tanjab Timur, Feri Marjoni.  ‘’Pelantikan Kepsek berdasarakan atas pengajuan UPTD.  Artinya, yang memilih kepsek bukan wewenang saya,’’  ujar Feri kemarin (29/1).

Disinggung adanya Kepsek yang sudah dua kali menjadi Kepsek lalu terpilih lagi, Feri mengungkapkan berdasarkan Permendiknas No  8/ 2010 poin 5 ayat 3 memang membolehkan Kepsek yang sudah menjabat dua periode untuk kembali duduk menjadi Kepsek disekolah yang lain. \"Sekolah yang akreditasinya lebih tinggi dari sekolah asal,\" jelasnya.

Kepsek yang telah menduduki dua periode jabatan Kepsek ini, lanjutnya kenapa dipilih lagi? Hal tersebut disebabkan karena Kepsek yang dimaksud memiliki prestasi tingkat Nasional. \"Bayangkan Kepsek ini dua kali berturut-turut disekolahnya dahulu, menjadi Juara I sekolah sehat tingkat Provinsi Jambi,\" bebernya.

Ditambahkannya, apalagi untuk di Kecamatan Nipah Panjang, memiliki torehan prestasi seperti itu adalah sesuatu yang sangat luar biasam. Dirinya juga mendengar selentingan kabar bahwa ada kepentingan lain dibalik pengangkatan Kepsek. Namun dia membantah adanya kepetingan itu. ‘’\"Tidak ada yang namanya makan duit guru, kalau ada indikasi itu tidak ada. Boleh dicek kelapangan,\" tegasnya.

Feri menilai, karena sekolah yang dipimpin Kepsek baru termasuk sekolah besar dengan 600 siswa. Dia pun mensinyalir adanya provokasi yang dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu. Karena yang diajukan sebagai Kepsek disekolah yang dimaksud adalah seorang guru olahragam. \"Saya minta kalau guru itu mau jadi Kepsek haru penuhi pesyaratan berupa sertifikat Kepsek dan pangkat minimal  3 B,\" katanya.

Untuk diketahui, tersiar kabar adanya Kepsek yang telah dua kali menjabat sebagai Kepsek, lalu menjabat Kepsek lagi disekolah yang lain. Kepsek yang dimaksud adalah Yenni suarti SPd yang kini menjabat sebagai Kepsek SDN 16/X Kecamatan Nipah Panjang. Padahal Yeni sebelumnya telah dua kali menjabat sebagai Kepsek di SDN 27/X Kecamatan Nipah Panjang.

(yos) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: