Tunggu Perpanjangan Runway

Tunggu Perpanjangan Runway

VIP Room Bandara Tuntas

JAMBI- Seluruh bandar udara (bandara) yang dikelola oleh Angkasa Pura, pengembangannya tak bisa lagi didanai melalui Dirjen Perhubungan Udara. Hal ini menyusul adanya surat menteri perhubungan yang menyatakan hal itu. Akan tetapi, keputusan itu, diyakini tak akan mempengaruhi pembangunan bandara Sulthan Thaha Saifudddin (STS) Jambi.

“Target kita, untuk terminal harus sudah bisa dioperasionalkan akhir tahun 2013. Karena, pekerjaan yang dilakukan sekarang itu kan masih banyak, jadi kita harap akhir 2013 bisa termanfaatkan,” katanya H Bakri, anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi.

Sementara itu, untuk runway, menurutnya, sudah dilakukan pelebaran. Hanya tinggal menunggu perpanjangan saja. “Semuanya diserahkan kepada Angkasa Pura pengembangannya. Yaitu, pembangunan bandara secara keseluruhan,” tukasnya.

Dirinya menyebutkan, pengembangan bandara masih tetap dilakukan dengan dana APBN yang dikucurkan melalui Angkasa Pura II di bawah kementrian BUMN. “Nilainya berapa untuk Angkasa Pura itu saya juga belum tahu jumlahnya. Pembangunan tak terganggu, hanya sumber dananya saja yang berbuah. Mungkin yang lalu ada anggaran melalui dirjen perhubungan udara dan juga ada angkasa pura. Nah, karena ada surat menteri perhubungan, jadi penganggarannya tinggal satu sumber saja, dari Angkasa Pura,” jelasnya.

Dirinya sendiri, beberapa waktu lalu sudah melakukan kunjungan untuk melihat proses pembangunan Bandara STS Jambi. Dari kunjungan itu, dirinya berharap, akhir 2013 ini, ruang tunggu yang baru saja dibangun saat ini, bisa dioperasikan. Mengingat, memang kapasitas terminal yang saat ini tersedia di bandara tersebut sudah tak memadai lagi untuk menampung calon penumpang berbagai maskapai penerbangan.

          “Yang diharapkan, akhir tahun 2013 ini, terminal yang baru dibangun saat ini, sudah bisa dioperasikan. Artinya, penumpang sudah bisa menunggu keberangkatan di terminal yang baru ini nantinya,” tukasnya.

Sementara itu, untuk pembangunan ruangan VIP room bandara, dari pantauan koran ini, sudah selesai dibangun. Bangunan megah itu berada tidak jauh dari terminal.

‘’Kalau untuk VIP room bandara itu, bukan anggaran dari pusat,  tapi dianggarkan dari dana APBD Provinsi Jambi,’’ sebutnya.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: