Bakal Ada Pelantikan Susulan

Bakal Ada Pelantikan Susulan

Wagub Lantik 142 Pejabat Eselon III dan IV

JAMBI- Setelah melantik sebanyak 142 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, kemarin (31/1), Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Fachrori Umar, memastikan akan ada pelantikan susulan. Hal itu diakuinya di hadapan sejumlah wartawan.

                “Kalau mau mungkin kita mau saja akan melakukan pelantikan lagi. Sebab, akan ada yang memasuki masa pensiun nantinya itu akan kita ganti. Selain itu, ada juga yang mau mencalonkan diri dalam pemilu, jelas akan diisi,” sebutnya.

Dalam pelantikan kemarin, pantauan harian ini, ada beberapa orang yang dilantik, sibuk memainkan ponsel saat dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan Wagub. Dikonfirmasi terkait hal ini, Wagub menanggapinya dengan tenang. “Kita berbaik sangka saja, ya biasa manusia khilaf. Namun, secara moral kan itu menyalahi,” ujarnya.

Bahkan, dirinya mengancam akan mengulangi pengambilan sumpah jabatan bagi mereka yang terbukti sengaja tak membaca sumpah jabatan tersebut. “Kalau memang terbukti kita ulang sumpahnya,” tegasnya.

Ditanya tentang implementasi dari Pemprov terkait surat edaran menteri dalam negeri soal pelarangan orang yang tersandung kasus hukum untuk memangku jabatan, Sekda Provinsi Jambi, Ir Syahrasaddin, saat mendampingi Wagub menjelaskan, surat itu sudah ditindak lanjuti. Ditegaskannya, beberapa pejabat yang tersangkut kasus sudah dinonjobkan. Salah satunya, adalah oknum pegawai Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi yang tersandung kasus asusila.

“Sudah dinonjobkan. Mereka tidak memegang jabatan struktural dan itu sudah dilakukan. Mereka sudah diistirahatkan sementara dan ditetapkan melalui sidang majelis penjatuhan sanksi untuk menjalankan amanah dari surat edaran menteri dalam negeri ,” tegas Sekda.

Sementara itu, pelantik 142 orang pejabat Esselon III dan IV dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi kemarin, dilakukan sesuai dengan SK Gubernur Jambi Nomor 68/KEP.GUB/BKD-5.2/2013 tanggal 30 Januari 2013. Dari 142 orang tersebut, 55 orang pejabat eselon III dan 87 orang pejabat eselon IV.

Ada beberapa pergeseran yang dilakukan dalam pelantikan itu kemarin. Seperti Ridwan, yang sebelumnya Kepala Bidang Pajak di Dispenda provinsi Jambi, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Disbudpar Provinsi. Lalu,  Suyati SE menggantikan posisi Ridwan sebagai Kabid pajak di Dispenda.

Sementara Martunis M Yusuf yang sebelumnya merupakan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi jambi, bergeser menjadi Kepala Bidang Monev dan pengendalian Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Penggantinya, adalah H Abdul Mukti yang sebelumnya bertugas di Inspektorat provinsi Jambi.

Syafrido, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan, bergeser posisinya menjadi inspektur pembantu wilayah III pada inspektorat Provinsi. Posisi Syafrido sendiri di Dinas Pendidikan digantikan oleh Arman SE ME.

Mutiawarman, kemarin dilantik menjadi Kabid pengolahan arsip pada Badan Perpustakaan Wilayah Provinsi. Lalu, Sekretaris dinas Peternakan provinsi, saat ini dijabat oleh Ir Azrin. Mumtaz mona, mendapatkan promosi menjadi Sekretaris Dispora Provinsi. Lalu, ada nama Imron Rosyadi, S.Sos, Msi yang saat ini dipromosikan untuk menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Provinsi Jambi.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Madian Saswadi menegaskan, pejabat yang tak mengikuti sumpah jabatan harus disanksi. \'Bila perlu dicopot dari jabatannya. Karena prosesudrnya pejabat itu harus dilantik dan mengucapkan sumpah. Bagaimana mau melakukan pekerjaan dengan baik jika disumpah tidak mau,\' sebutnya.

Dirinya mengharapkan kejadian itu menjadi pertimbangan Gubernur Jambi untuk menilai, apakah pejabat yang bersangkutan layak dilantik atau tidak. \'Kedepannya tidak usah lagi dipilih dan dibatalkan saja pengangkatannya. Kita minta Gubernur tegas,\' tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: