Inflasi Jambi Nomor 6 se- Sumatera

Inflasi Jambi Nomor 6 se- Sumatera

JAMBI – Pada bulan Januari 2013, inflasi Jambi sebesar 1,48 persen. Inflasi ini terjadi pada enam kelompok barang dan jasa. Karena adanya kenaikan indeks kelompok bahan makanan sebesar 4,49 persen. Kemudian kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,44 persen.

‘’Sedangkan kelompok perumahan naik sebear 0,03 persen. Lalu kelompok sandang  sebesar 0,26 persen,’’ terang Kepala BPS Provinsi Jambi, Yos Rusdiansyah saat konfrensi pers kemarin.

Dirinya menyampaikan, deflasi  terjadi pada kelompok kesehatan sebesar 0,02 persen. Kemudian laju inflasi tahun kalender kota Jambi bulan Januari ini sebesar 1,46 persen. Sedangkan laju inflasi tahun ke tahun sebesar 4,59 persen.

‘’Di bandingkan dengan antar kota se Sumatera, posisi inflasi di Jambi yakni tertinggi nomor 6 . Inflasi yang tertinggi di kota Sibolga sebesar 3,78 persen. Dan yang terendah di kota Palembang sebesar 0,64 persen,’’ sebutnya.

Kelompok bahan makanan yang tertinggi menyumbangkan inflasi selama Januari ini yakni Cabai Merah sebesar 0,5611. Lalu daging ayam Ras 0,29 persen.

‘’Disamping yang menyumbangkan inflasi, juga ada kelompok bahan makanan yang terjadi deflasi. Diantaranya, susu untuk bayi, sirop, daun pintu dan lain-lain,’’ tuturnya.

(cr 10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: