Siswi MAN Melahirkan, Kepsek Cuci Tangan

Siswi MAN Melahirkan, Kepsek Cuci Tangan

MUARASABAK – Entah tidak mengetahui, atau entah kenapa, seorang siswa MAN 2 Nipah Panjang melahirkan saat kegiatan pramuka. Meski sudah sembilan hari terjadi, namun kejadian ini cukup menghebohkan.

Kepsek MAN 2 Nipah Panjang, Sumanto mengatakan kejadian itu terjadi di luar jam sekolah.

\"Bukan pada saat jam pelajaran sekolah, kami sekolah tidak bertanggungjawab atas kejadian tersebut,\" ujar Sumanto kemarin (4/1).

Diakuinya Bunga (bukan nama sebenarnya) memang pernah bersekolah di MAN 2 Nipah Panjang dan duduk di kelas XII. Tapi sejak kejadian melahirkan Bunga langsung dikeluarkan pihak sekolah. \"Sudah sejak sembilan hari lalu kami keluarkan,\" katanya.

Dia menyebutkan sebelum terjadinya pemberitaan dia pun telah berkoordinasi dengan Kemenag Tanjab Timur mengenai jalan keluar bagi siswi bersangkutan. \"Tahu-tahu sudah terbit dipemberitaan saya saja kaget, tanpa konfirmasi saya,\" jelasnya.

Sumanto menambahkan, bahwa dalam menjaga anak memang disekolah menjadi tanggungjawab dirinya selaku Kepsek. Sedangkan di luar jam sekolah itu menjadi tanggungjawab keluarga siswa. \"Tidak mungkin di luar jam sekolah menjadi tanggung jawab kami,\" ungkapnya.

Dia mencontohkan, ketika disekolah siswa dilarang untuk menggunakan handphone. Siswipun wajib untuk menggunakan jilbab dilingkungan sekolah. \"Di luar sekolah siswi pun kami tekankan untuk menggunakan jilbab,\" bebernya.

Mencegah kejadian serupa, lanjut Sumanto, pihaknya akan lebih memantau prilaku siswa dan siswinya disekolah, agar kejadian serupa tidak terulang. \"Tapi kalau di luar jam sekolah itu bukan tanggungjawab kami memantau siswa,\" paparnya.

Terpisah, Kepala Kemenag Tanjab Timur, Syakroni melalui Humas, Abdul Azis mengatakan bahwa wanita yang melahirkan ketika kegiatan Pramuka, saat sudah tidak lagi tercatat sebagai siswi MAN. \"Saya telepon Kepsek MAN 2 Nipah Panjang, wanita bersangkutan sudah bukan siswinya,\" ujar Azis

Pihak Kemenag pun saat ini tengah meminta laporan Kepsek bersangkutan untuk mencari informasi siswi yang melahirkan ketika sedang melakukan kegiatan Pramuka. \"Apa memang betul itu siswa dari sekolah bersangkutan,\" tandasnya.

(yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: