Jalingbar Bakal 4 Lajur

Jalingbar Bakal 4 Lajur

JAMBI- Jalan Lingkar Barat, Simpang Rimbo, nantinya akan dibuat menjadi 4 lajur. Padahal, rencana semula, jalan ini hanya memiliki 2 lajur saja.

PPK 04 dalam Kota Jambi Abdul Halim kepada harian ini, kemarin menjelaskan, pelebaran jalan simpang rimbo masuk kepada pelebaran jalan segmen 1.

Secara keseluruhan, dikatakannya, pelebaran jalan lingkar, secara keseluruhan dilakukan dengan 4 segmen. “Pelebaran jalan segmen 1, yaitu simpang rimbo dari 2 lajur menjadi jadi 4 lajur dengan median jalan sepanjang 1, 3 km,” ungkapnya.

Dijelaskannya, jalan lingkar secara keseluruhan, memiliki panjang fungsional sepanjang 22, 6 km yang terbentang dari simpang rimbo, simpang pal XI, simpang pal merah hingga simpang belakang bandara. Namun, katanya, sesi pekerjaan yang dilakukan dari panjang 22, 6 km jalan fungsional itu, hanya dikerjakan sepanjang 13, 225 km saja.

“Sebab, dari 22, 6 km panjang jalan fungsional yang terbentang mulai dari simpang rimbo hingga belakang bandara itu tidak semuanya dalam kondisi rusak. Jadi, panjang efektif yang dikerjakan semuanya hanya 13, 225 km,” tukasnya.

Panjang efektif 13, 225 km itulah, sambungnya, yang dilakasnakan pekerjaannya melalui 4 segmen. “Segmen 1, sepanjang 3, 1 km, itu di lingkar barat mulai dari simpang simpang rimbo sampai STA 3. Lalu, segmen 2, sepanjang 9, 164 km mulai dari lingkar barat simpang pal XI dan lingkar selatan,” urainya.

“Selanjutnya, segmen 3, sepanjang 0,5 km, yakni di simpang pal merah. Terakhir, segmen 4 sepanjang 0.325 km, yaiut di simpang belakang bandara,” tambahnya.

Disebutkannya dalam kesempatan itu, kontrak pekerjaan tersebut terhitung sejak  28 November 2011. “Akan tetapi, pekerjaan dimulai sejak 7 Januari 2012 sesuai SPMK,” ungkapnya.

Ditanya soal jumlah anggaran,  Halim mengatakan, untuk keseluruhan pekerjaan itu, jumlah anggaran yang disiapkan senilai Rp 81, 76 miliar. “Proyek ini didanai dari bantuan luar negeri, yakni LOANIBRD dengan porsi 70 persen dari dana Loan dan 30 persen dana pendaping dari APBN. Proyek ini berada dibawah SNVT pelaksanaan jalan nasional wilayah I Jambi, PPK 04 dalam Kota Jambi,” jelasnya.

Sementara, nama poyeknya sendiri, disampaikannya, adalah paket pal merah ring road Jambi (SRIPIBRDloan.no.4834). “Programnya adalah pelebaran dan perkerasan aspal jalan dari 6,5 meter menjadi 7 meter dengan bahu jalan 2 meter. Lalu, Pembangunan box culvert sebanyak 5 unit. Selanjutnya, program pelebaran persimpangan, yakni simpang rimbo, simpang pal XI, simpang pal merah dan simpang belakangan bandara,” urainya.

Disampaikannya juga, dalam program ini, juga dilaksanakan program pembangunan jalan beton (rigidpavement) pada segmen 4 sepanjang 292 meter. “Itu di belakang bandara,” tukasnya.

Menurutnya, saat ini, program ini sudah terealisasi hingga 77 persen. Program tersebut, sambungnya, merupakan program multiyears dengan kontrak selama 480 hari kalender. “Berakhirnya 30 April 2013,” sebutnya.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: