Empat Cabup- Cawabup Merangin Lolos

Empat  Cabup- Cawabup Merangin Lolos

MERANGIN -  Kemarin Selasa (5/2) KPUD Merangin mengumumkan hasil verifikasi persyaratan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin 2013.  Empat  pasangan calon Nasa, Harkad, Syufi, Haji dinyatakan lolos verifikasi.

Hal tersebut sesuai dengan hasil Pleno KPUD Merangin tentang  pasangan calon bupati dan wakil bupati Merangin yang menyatakan bahwa empat pasangan calon (Nalim-Salam, Hari-Khafied, Syukur-Fauziah, dan Handayani-Jailani) tersebut memenuhi persyaratan.
\"Dari hasil verifikasi persyaratan para kandidat baik syarat utama seperti parpol pengusung maupun sayarat administrasi lainnya. Maka keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati Merangin dinyatakan memenuhi persyaratan,\" kata Nanda.
Selain itu, juga untuk penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan pleno terbuka. Ini juga sekaligus pencabutan nomor urut pasangan calon yang dijadwalkan pada tanggal 7 Februari 2013 pukul 19.00 di aula STIP Bangko.
\"Sedangkan untuk pleno terbuka penetapan psangan calon sekaligus pencabutan nomor urut pasangan calon sesuai tahapan akan dilaksankan kamis (7/2) besok,\" kata Nanda.
Terkait tentang lolosnya 4 pasangan calon ini, saat ditanykan mengenai keabsahan arah dukungan 5 parpol ganda. Nanda mengatakan semua perifikasi sudah selesai dan akan kita bacakan nanti hasilnya secara resmi pada pleno terbuka nantinya.
\"Kita tidak bisa menybutnya saat ini mengenai status 5 parpol ganda tersebut, yang jelas semuanya persyaratan maupun tentang keabsahan parpol pengusung akan akita umumkan secara resmi pada Rapat pleno terbuka Kamis depan\" ucap Nanda.
Hal menurut Nanda jika dipublikasikan sebelum tahapa, akan menyalahi kode etik KPU sebagai penyelanggara Penilukada. \"Kita tidak bisa mengungkap saat secara detail, karena hal itu harus dipublikasikan sesuai jalannya tahapan. Jika tidak maka akan melanggar kode etik KPU\" tegas Nanda.
Sebelumnya pihak Panwaslu Merangin melalui ihwan menyebutkan bahwa 5 parpol ganda tersebut tidak didapat oleh satu pasangan calon. Hal tersebut sudah menjelaskan bahwa dua pasangan Calon Harkad dan Haji mendapat pengurangan Parpol pengusung.
Selain itu tentang DPT yang akan ditetapkan besok (6/2) (hari ini red). Menurut Anggota KPUD Merangin, Riskandi kemarin (5/2) saat ini masih dalam perekapan pihak PPK dan Rabu besok akan ditetapkan oleh KPU secara resmi tentang daftar pemilih sementara.
\"Saat ini masih dalam rekapan PPK kecamatan, dan besok (hari ini red) akan kita umumkan secara resmi,\" jelas Riskandi.
Saat ditanykan mengenai kenaikan jumlah kenaikan DPS, Riskandi mengatakan bahwa saatnya belum merekap secara keseluruhan. Yang jelas, menurut Riskandi DPT meningkat dari DPS. Peningkatan tersebut menurut riskandi dikarenakan pada saat pendataan DPS sebelumnya masih banyak warga yang tidak terdaftar ataupun tidak ada di rumah pada saat pendataan.
\"Yang jelas DPS naik, kenaikannya belum tau secara jelas karena masih direkap di PPK. Peningkatan tersebut dikarenakan masih ada warga yang tidak terdata ataupun pada saat pendataan tidak berada di rumahnya,’’ kata Riskandi.
Sedangkan untuk logistik, menurut salah satu anggota KPU, Rika bahwa untuk pengadaan logistik akan kita tenderkan setelah penetapan DPT nanti.

\"Untuk logistik akan kita tenderkan setelah adanya DPT dan nomor urut pasangan calon,\" jelasnya.
Saat ditanyakan mengenai cara mengatasi daerah rawan dan terisolir, menurutnya ada lima daerah yang menjadi prioritas yaitu Jangkat, Sungai Tenang, Tabir Barat, Tabir Timur, dan Lembah Masurai. Dan keempat daerah tersebut menjadi prioritas utama KPU dalam penyediaan Logistik Pemilukada Merangin 2013.
\"Kita sudah menentukan 5 daerah terisolir atau sulit di jangkau, maka daerah tersebut kita Prioritaskan terlebih dahulu, jadi nantinya dua hari sebelum pemilihan semua logistik sudah sampai diaderah tersebut, setelah itu baru daerah-daerah yang lain,\" kata Rika.
Sedangkan untuk mengatasi manipulasi data di daerah-daerah yang cukup jauh tersebut, menurut Anggota KPUD Merangin, Toyibi. Dia menegaskan hal tersebut kecil kemungkinan akan terjadi. Hal tersebut dikarenkan disemua daerah sudah ada team pasangan calon. Sedangkan dari pihak KPU sendiri sudah dipastikan bisa melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.
\"Untuk mengatasi manipulasi data nantinya, kita merasa hal tersebut sangat kecil kemungkinannya, selain team 4 pasangan calon yang tersebar, juga PPK, KPPS, dan PPS sudah mempunyai undang-undang, dan sanksinya Pidana. Jadi tidak akan mungkin terjadi hal demikian\" tegas Toyibi.
Selain itu untuk pengamanan Pilkada, menurut Kapolres Merangin melalui Kabag oprasional Polres Merangin, Kompol Akhyar  sesuai surat keputusan dilakukan sejak desember 2012.
\"Untuk pengamanan kita sudah melakukkannya sejak desember, sesuai dengan tahapan KPU\" kata akhyar.
Sedangkan tentang dana pengamanan pemilukada Merangin 2013, Akhyar menegaskan sesuai yang ditetapkan Rp 1,5 Miliar. Sedangkan untuk mengamanan, pihak polres Merangin menyiapkan 600 pasukan baik brimob, samapta, lantas, maupun dari Polres tetangga seperti Sarolangun dan Bungo..

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: