Besok Pendaftaran Dimulai

Besok Pendaftaran Dimulai

Kandidat Jalur Perorangan

JAMBI - Pengumuman, pendaftaran dan sekaligus penyerahan berkas kandidat yang akan maju di Pilwako Jambi dari jalur independen akan dibuka mulai 07 hingga 12 Februari mendatang.

Dibukanya pendaftaran tersebut setelah dilakukannya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Walikota dan Ketua KPU Kota Jambi kemarin.

“Seharusnya pendafataran kandidat perorangan dimulai 1 sampai 5 Februari kemarin. Tapi karena NPHD baru ditandatangani hari ini, pendaftaran dimulai 07 Februari, ini selama lima hari,” ujar Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi kepada sejumlah wartawan kemarin.

Mengenai persyaratan minimal jumlah dukungan yang wajib diserahkan kandidat perorangan tersebut kepada KPU, yakni sekitar 26.680 KTP.

Sedangkan untuk anggaran yang masuk dalam APBD Murni 2013 yang NPHD baru ditandatangani tersebut berjumlah Rp 14,8 Milyar.

“Untuk putaran pertama sekitar Rp 15 Milyar lebih, jumlah ini Rp 14,8 ditambahkan dengan Rp 333 Juta untuk tahapan persiapan yang sebelumnya dianggarkan di APBD P 2012. Untuk putaran kedua anggarannya Rp 6,2 Milyar lebih. Jadi totalnya sekitar Rp 21 Milyar,” jelasnya.

Terpisah, Walikota Jambi, Bambang Priyanto berharap, setelah ditandatangani NPHD tersebut agar tahapan Pilwako Jambi dapat berjalan dengan lancar.

“Bagi PNS jangan ikut berpolitik, sejauh ini belum ada laporan ke kita. Kalau ada laporan akan kita panggil,” ujarnya.

Selain itu, soal kepastian pasangannya untuk maju di Pilwako mendatang, Bambang masih enggan bicara banyak. Disinggung mengenai nama Yeri Mutholib, ia juga tidak menampik hal tersebut.

“Lihat saja nanti, kalau sudah pasti kita sampaikan. Dengan orang tua Yeri juga sudah ada ketemu,” elaknya.

Soal deklarasi pasangan, menurutnya akan dilakukan secepat mungkin. “Deklarasi secepatnya, karena bulan Maret sudah pendaftaran di KPU,” katanya.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: