Penetapan DPT Ditunda

Penetapan DPT Ditunda

Hari ini Kandidat Berbagi Nomor Urut

METANGIN - Penetapan  Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Merangin oleh KPUD Merangin yang dimulai sekitar pukul 20.00Wib kemarin malam (06/02) terpaksa ditunda.

                Padahal seluruh PPK sudah melaporkan DPT nya masing-masing dalam pleno tersebut. Berdasarakan hasil laporan PPK, jumlah DPT Merangin mencapai  237.935.

                Pantauan koran ini, kemarin, ditundanya pleno itu dikarenakan adanya protes dari Panwaslu yang menemukan adanya beberapa pemilih ganda di DPT Kecamatan Bangko dan Nalo Tantan.

‘’Untuk dua kecamatan tersebut, akan kita tunggu besok malam, untuk penetapan DPT Pemilukada Merangin 2013,’’ kata Barlep.

Sementara itu PPK dari Kecamatam Pamenang dalam acara penetapan DPT tersebut menyatakan ini merupakan kelalaian 

Murni Panwaslu. Bahkan dia mengungkapakan seharusnya panwaslu kecamatan terlebih dahulu melaporkan hal ini pada saat pleno DPT di kecamatan. \"Panwaslu seharusnya lebih teliti dalam hal ini, kenapa tidak diungkapkan saat pleno di kecamatan. Perlu dipertanyakan kinerja Panwaslu,’’ ungkapnya.

Namun demikian, anggota Panwaslu, Ihwan menolak jika mereka dikatakan  lalai. Menurutnya keterlambatan PPK dalam menyerahkan copian data DPT mengakibatkan keterlambatan panwaslu dalam mengkroscek data tersebut.

\"Ini dikarenkan keterlambatan data yang diterima panwaslu. Jadi kami juga terlambat untuk mngkroscek data tersebut,’’ ungkap Ihwan.

Terkait temuan tersebut, Ihwan mengungkapkan masih ada 45 temuan di Kecamatan Bangko dan 31 temuan di Kecamatan Nalo Tantan.

‘’Untuk temuan DPT ganda dan DPT yang hilang, di Kecamatan Nbangko 45 orang, Nalo Tantan 31 orang,’’ pungkas Ihwan.

Di bagian lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin hari ini (07/02)  akan menetapkan nomor urut calon yang akan bertarung di Pemilukada Merangin 25 Maret mendatang.

Adanya mitos nomor cantik yakni nomor 2 yang selalu memenangi beberapa Pilkada di Provinsi Jambi, agaknya tidak berpengaruh bagi para kandidat di Merangin.

Cabup Al Haris saat dikonfirmasi mengenai nomor urut calon tersebut mengatakan, semua nomor urut itu sama. “Semua nomor sama, kita dapat nomor berapa aja tidak masalah,” ujarnya kepada harian ini kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: