Kerugian Petani Capai 1, 8 M

Kerugian Petani Capai 1, 8 M

600 Hektar Lahan Fuso

JAMBI –Banjir yang terjadi di Provinsi Jambi menyebabkan sebanyak 600 hektar lahan petani se Provinsi Jambi dinyatakan Fuso (gagal panen, red).  Kerugian yang diderita petani sendiri diperkirakan mencapai Rp 1, 8 Miliar (M).

Amrin Azis, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi menyebutkan, lahan yang Fuso itu berada di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun dan juga Kabupaten Bungo. Utamanya, banjir merendam lahan yang berada di bantaran sungai.

Dirinya mengatakan, kerugian yang diderita petani hingga Rp 1, 8 M itu dihitung dari jumlah lahan Fuso dan kemudian dikalikan Rp 3 juta. Nilai Rp 3 juta, katanya, adalah nilai ganti rugi lahan fuso per hektar. “Kalau untuk kerugiannya, perhitungannya lahan yang kena itu dikalikan per hektarnya Rp 3 juta,” ucap Amrin.

Dikatakannya, pihaknya akan memberikan penggantian benih bagi petani yang sawahnya terendam oleh air. “Kita masih menunggu laporan dari Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menghindari kerugian yang lebih banyak, Amrin menghimbau agar petani untuk tidak melakukan penanaman hingga akhir Februari. Terkait potensi banjir yang masih berpotensi terjadi, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) sebelumnya sudah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: