Terima 17 Ribu Calon Brigadir

Terima 17 Ribu Calon Brigadir

 

JAMBI - Kepolisian Republik Indonesia (RI) di tahun 2013 ini akan membuka pendaftaran calon brigadir dari putra-putri Indonesia tamatan Sekolah Meneganh Atas (SMA) sederajat.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/260/II/2013 tertanggal 11 Februari 2013, pada tahun ini akan dibuka pendaftaran untuk 17 ribu calon Brigadir Polri.

Menurut Kapolda Jambi, Brigjen Pol Ade Husen Kartadipura, melalui Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, kuota penerimaan untuk tahun ini cukup banyak, yakni mencapai 17 ribu orang. “Terdiri dari 500 orang Polwan untuk Tugas Umum (Gasum), serta 16.500 orang polisi pria, yang terdiri dari 4.250 orang Brigadir Brimob dan 12.250 orang Brigadir Gasum,”ungkapnya.

Bagi mereka yang berminat mendaftar, para calon peserta bisa melakukan pendaftaran mulai 2 Maret 2013 mendatang. \"Pendaftaran bisa dilakukan dari tanggal 2 Maret sampai 20 Maret 2013,”terangnya lagi.

Untuk persyaratan umum, Almansyah mengatakan pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dengan usia minimal 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri. Kemudian sehat jasmani dan rohani, serta tidak pernah dipidana.

Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS atau SMK, yang sesuai dengan kompetensi tugas pokok polri, kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan, dengan nilai akhir minimal 6,5. Umur pada saat pembukaan pendidikan Brigadir Polisi minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun.

Untuk pendaftar pria, memiliki tinggi badan 163 cm, dan wanita 160 cm. Belum pernah menikah, dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polri ditambah dua tahun setelah lulus pendidikan. Kemudian, bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama sepuluh tahun terhitung mulai saat diangkat dengan pangkat Bripda.

Persyaratan lainnya, tidak terikat ikatan dinas dengan instansi lain, serta bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada fungsi brimob dan gasum.

Untuk Jambi sendiri, kabar yang beredar dilapangan, jumlah yang akan diterima mencapai 260 orang lebih. Namun saat dikonfirmasi terkait hal ini, Almansyah mengatakan sampai saat ini belum ada petunjuk terkait kuota khusus untuk Jambi.

“Secara umum, yang diterima seluruh Indonesia 17 ribu orang, untuk Jambi kita belum tau,”terangnya.

\"Informasi lebih lanjut, bisa didapatkan di Polda Jambi, atau dapat dilihat di website www.penerimaan.polri.go.id,”sebutnya.

Untuk menghindari adanya kecurangan ataupun penipuan, pihak Polda, menurut Almansyah, sejak dini mengingatkan masyarakat bahwa dalam penerimaan ini tidak ada dipungut biaya.

“Pendaftaran juga tidak dipungut biaya, dan jangan tertipu oleh calo. Penerimaan ini akan dilakukan secara professional dan bersih,\" pungkas Almansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: