Banjir, Stok Beras Aman

Banjir,  Stok Beras Aman

HBA: Pemda HarusPantau Penyaluran

JAMBI – Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, kepada sejumlah wartawan, kemarin memastikan stok beras yang berada di gudang Bulog dalam kondisi aman. Oleh karenanya, dia meminta masyarakat jangan khawatir soal bantuan untuk beras.

“Kalau masalah bantuan, beras tak masalah. Kita sudah siapkan beras 100 ton per daerah. Dari jatah itu, ada daerah yang belum habis jatah beras yang disiapkan dan masih proses distribusi. Stok aman,” sebutnya.

Akan tetapi, dirinya menghimbau kepada pemerintah daerah untuk benar-benar memantau penyaluran beras ini di daerahnya. “Saya himbau betul agar daerah untuk mengecek betul penyalurannya hingga pelosok yang belum dapat bantuan. Jangan sampai masyarakat tak makan karena banjir dan kelaparan,” tegasnya.

Gubernur juga meminta, setiap kepala daerah untuk membuat pernyataan status darurat siaga bencana. “Terutama kabupaten/kota yang kondisinya sangat parah,” terangnya.

Sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan bantuan, namun menurut gubernur, hal ini tergantung dari pelaksana dilapangan. Karena itu, gubernur meminta pemerintah kabupaten/kota untuk memperhatikan rakyatnya agar semua mendapatkan bantuan. “Jangan sampai ada yang tidak makan,” katanya lagi.

Gubernur meminta, aparat terkait mengawasi betul bantuan ini. jangan sampai diselewengkan pihak yang tak bertanggungjawab. Sebab, masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Sementara itu, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Jambi, Maaruf, menjamin kualitas beras yang didistribusikan kepada korban banjir. Menurutnya, beras yang diberikan adalah beras yang memang dikeluarkan dari gudang bulog. \"Saya pastikan distribusi dan jenis beras yang diterima masyarakat korban banjir sama dengan jumlah dan jenis beras yang dikeluarkan dari gudang kami,\" katanya.

Menurutnya, jaminan distribusi dan jenis beras ini sangat penting bagi masyarakat korban bencana. Sebab, di tengah bencana yang melanda, kadang ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menyelewengkan dan menyalahgunakan stok beras yang ada.

Jaminan Bulog terhadap distribusi beras juga menyangkut kepuasan masyarakat atas beras pemerintah itu. \"Kami perlu tahu sejauh mana beras-beras yang disalurkan oleh pemerintah dampaknya kepada masyarakat. Di lapangan ditemukan fakta, bahwa masyarakat khususnya korban banjir benar-benar membutuhkan beras bantun itu,\" katanya.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: