Menang, Jatuh, Tertawa

Menang, Jatuh, Tertawa

Jennifer Lawrence Bersinar di The Oscars

 LOS ANGELES - The shining star of the year layak dilekatkan kepada Jennifer Lawrence. Cewek cantik itu berhasil mencuri perhatian tidak hanya berkat aktingnya yang meyakinkan, tapi juga sense of humor-nya. Misalnya yang ditunjukkannya dalam The Oscars 2013 Minggu malam waktu setempat (24/2) atau kemarin pagi WIB di Dolby Theatre (dulu disebut Kodak Theatre), LA. 

 Ketika diumumkan sebagai pemenang kategori aktris terbaik lewat lakonnya di film Silver Linings Playbook, Lawrence yang berjalan menuju panggung untuk menerima piala itu terjatuh saat menaiki anak tangga. Dengan senyum lebar, perempuan 22 tahun tersebut langsung bangkit sendiri meski Hugh Jackman mengulurkan tangan untuk membantunya.

 Setelah berhasil berdiri di panggung, dia pun memulai pidatonya dengan lelucon. \"Terima kasih. Saya tahu kalian memberikan standing applause karena tadi saya jatuh. Memalukan. Tapi, tidak apa-apa, terima kasih. Ini benar-benar gila,\" kata pemilik nama lengkap Jennifer Shrader Lawrence tersebut seperti yang dikutip AP kemarin.

 Dalam kategori aktris terbaik, Lawrence mengalahkan Naomi Watts yang masuk nominasi lewat perannya dalam film The Impossible, Jessica Chastain yang memerankan jurnalis di Zero Dark Thirty, Emmanuelle Riva dalam film Amour, serta Quvenzhan\" Wallis yang bermain di Beasts of the Southern Wild.

 Ketika ditemui di belakang panggung, Lawrence ditanya apa yang dirasakannya saat jatuh. \"Saya ingin mengumpat. Kau tahu, kata yang diawali huruf F, tapi tidak boleh diucapkan,\" ujarnya, lantas tersenyum. \"Lihat gaun saya. Saya menginjak bagian bawahnya dan tangga panggung terlalu licin,\" jelasnya saat ditanya mengapa bisa jatuh.

 Dalam perhelatan prestisius yang berlangsung tahunan tersebut, dia mengenakan gaun dari rumah mode Dior. Bungsu di antara tiga bersaudara itu ditunjuk sebagai spoke model teranyar rumah mode kenamaan tersebut. Gaun strapless warna putih itu memang memiliki ekor yang lumayan panjang.

 Ini bukan kali pertama dia mendapat insiden dengan gaun. Pada pengujung Januari lalu cewek yang juga bermain dalam film X-Men: First Class tersebut juga nyaris jatuh. Kala itu dia terlalu bersemangat menuju panggung setelah dinyatakan sebagai aktris terbaik dalam ajang Screen Actors Guild Awards.

 Waktu itu dia tak berkomentar. Namun, dalam sebuah talk show, Lawrence yang mengenakan gaun biru rancangan Christian Dior tersebut menganggap kejadian itu lucu. \"Ya ampun, celana saya melorot,\" katanya, lantas tertawa lebar.

 Lawrence mendapat ketenaran setelah menjadi Katniss Everdeen, jago memanah di film The Hunger Games. Dia juga menjadi aktris termuda yang masuk nominasi The Oscars dua kali. Sebelum Silver Linings Playbook, dia masuk nominasi aktris terbaik lewat filmnya, Winter\"s Bone, dua tahun lalu.

 Tahun ini sederet penghargaan mampir di genggamannya. Mulai Screen Actors Guild Awards, Golden Globe Awards, hingga Independent Spirit Awards. Aktingnya sebagai janda yang mengalami gangguan emosional berhasil meyakinkan sesama pelakon dunia hiburan dan masyarakat luas yang menjadi juri.

 Selain Lawrence, yang bersinar dalam The Oscars adalah Anne Hathaway. Sepanjang tahun dia tak terkalahkan dalam berbagai ajang penghargaan. Dalam Golden Globes yang berlangsung pertengahan Januari lalu dia meraih gelar aktris terbaik untuk film musikal berkat perannya sebagai Fantine dalam Les Miserables.

 Juga seperti yang diperkirakan banyak pihak, Argo dinobatkan sebagai film terbaik. Itu mengukuhkan sederet penghargaan yang diterima sebelumnya. Meski begitu, yang menang banyak justru Life of Pi. Film garapan sutradara Ang Lee itu membawa pulang lima piala. Yakni, sutradara terbaik, efek visual terbaik, sinematografi terbaik, musik terbaik, dan editing suara terbaik yang dinyatakan seri dengan film Skyfall.

(c11/any)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: