Persiapkan Siswa Secara Matang Hadapi UN

Persiapkan Siswa Secara Matang Hadapi UN

JAMBI-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA yang bakal dilaksanakan April 2013 mendatang tinggal menunggu bulan lagi. Untuk itu SMA Adyaksa Kota Jambi telah dipersiapkan siswanya secara matang agar bisa sukses menghadapi UN.

Menurut Kepala SMA Adiyaksa Kota Jambi, Elidar, SPd bahwa ada beberapa langkah yang dilakukan oleh SMA Adiyaksa dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi UN. Salah satu persiapan yang dilakukan yakni dengan membuat kelompok diskusi kecil pada masing-masing jurusan.

“Misalnya untuk jurusan IPA  kami gabung dengan IPA, IPS dengan IPS. Namun, dari masing-masing jurusan kami bagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok tidak mesti berasal dari kelas yang sama,” sebut Elidar, kemarin.

            Diungkapkannya, dalam pelaksanaannya kelompok diskusi kecil ini akan belajar bersama mendiskusikan beragam mata pelajaran, khususnya yang diikutkan dalam UN.

Dengan didampingi beberapa guru mata pelajaran, kelompok diskusi kecil ini bertujuan untuk bertukar pikiran dan berlatih bagaimana menyelesaikan soal-soal. Karena, dalam kegiatannya, kelompok diskusi kecil lebih diarahkan untuk membahas latihan-latihan soal UN, baik yang dirancang oleh guru maupun soal UN tahun lalu.

Menurutnya, kelompok diskusi kecil sudah berjalan sejak bulan Januari 2013 lalu, yang aktivitasnya dilakukan di luar kegiatan belajar mengajar reguler. Sehingga, tidak mengganggu proses pembelajaran. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa lebih aktif untuk melakukan persiapan UN

            Selain itu, hal ini juga sebagai upaya untuk memberikan motivasi terhadap siswa agar lebih giat belajar. Pertemuan yang dilakukan kelompok diskusi kecil tersebut, secara rutin dilakukan selama dua kali dalam seminggu.

Sedangkan persiapan lain yang dilakukan untuk menghadapi UN yakni dengan memberikan tambahan jam belajar. “Untuk tambahan jam belajar ini, siswa memang kami fokuskan untuk mempersiapkan diri menghadapi UN. Materi yang kami berikan adalah mata pelajaran yang akan diikutkan dalam UN,” ungkapnya.

            Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan beberapa kali try out, baik yang dilaksanakan oleh sekolah sendiri maupun dari Dinas Pendidikan ataupun mengikutkan siswa dalam try out oleh pihak luar, seperti dari Bimbel.

            Dengan adanya try out tersebut, pihaknya dapat melihat bagaimana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, dan Dari hasil try out sendiri, pihaknya membuat pengumuman, sehingga siswa bisa melihat langsung mengenai hasil try out. Dengan hal tersebut, dia berharap dapat memberikan motivasi yang lebih tinggi untuk belajar.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: