Panwaslu, Polres & Kejari Teken Kesepakatan

Panwaslu, Polres &  Kejari Teken Kesepakatan

MERANGIN – Panwaslu, Polres dan Kejari menandatangani nota kesepakatan bersama untuk mengadakan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilukada Merangin.

Ketua Panwaslu Merangin, Iron Sahroni menjelaskan, dengan ditandatanganinya nota kesepakatan tersebut, dia mengharapkan kerjasama ketiga pihak tersebut dalam mengawal jalannya proses Pemilukada dapat terjalin dengan baik, demi terciptanya Pemilukada yang jujur, tertib, dan adil.

“Kami mengharapkan, setelah nota kesepakatan ini ditandatangani, semua pihak bisa berkerja sama dan bersungguh-sungguh demi kelancaran pelaksanaan pemilukada ini,” ujar Iron.

Selain itu dia juga menekankan kepada seluruh Panwascam dan PPL agar bekerja sesuai dengan koridor atuan yang berlaku, diantaranya untuk dapat mengakomdir semua laporan yang diterima agar dapat dikaji dan ditindak lanjuti, demi lancarnya pelaksanaan pemilukada nanti.

Menindak lanjuti setiap laporan pelanggaran yang disampaikan masyarakat maupun tim dari pasangan kandidat, adalah merupakan kewajiban Panwas.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak segan – segan melaporkan kepada Panwas, jika ditemukan pelanggaran dilapangan, agar dapat dikaji dn ditindak lanjuti,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Merangin, Nanan Setyo Utomo juga agar berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan tugasnya dalam hal penegakan hukum.

“Dengan ditandantanganinya nota kesepakatan ini, kita punya komitmen untuk menyukseskan pemilu, selain itu Sentra Penegakan Hukum juga bertujuan agar Pemilihan Bupati nanti berlangsung jujur, bersih dan demokratis. selain itu kita juga berharap Panwaslu efektif dalam pengawasan Pemilu,” kataya.

Kepala Kejari bangko, Sri Respatini juga mengungkapkan hal yang senada. Kesepakatan tersebut diantaranya berguna sebagai pedoman untuk meninjak lanjuti apabila ada pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilukada.

“Kita siap untuk menindak lanjuti apabila ada laporan yang masuk di instansi kami. Dalam menjalankan tugas ini, kita juga mengharapkan dukungan dari Panwaslu, dan pihak lainny sesuai tufoksinya masing – masing, demi terciptanya Pemilihan Bupati yang bersih dan aman,” tandasnya.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: