Damai Jangan Hanya Slogan

Damai Jangan Hanya Slogan

Kandidat Siap Menang dan Kalah

MERANGIN –  Damai jangan hanya slogan. Itulah yang diharapkan masyarakat Merangin, pada Pemilukada mendatang. Dan komitmen damai ini sendiri sudah ditekadkan oleh empat pasang calon bupati dan wakil bupati Merangin kemarin. Salah satunya, dengan penandatangan nota kesepakatan tersebut

‘’Kita berharap kampanye di Merangin bisa berjalan damai tanpa ada kerusuhan,” ungkap salah seorang warga Merangin, Yahya Ibrahim kemarin.

Seperti diketahui, mulai hari ini hingga 21 Maret 2013 mendatang memang  mulai kampanye. Untuk menciptakan pemilu damai dan terkendali tersebut, Pihak KPU Telah menuangkannya dalam kesepakatan dengan para kandidat tentang peraturan pemasangan atribut kampanye. Diantaranya, ada lokasi yang diperbolehkan, ada juga yang dilarang.

Untuk lokasi yang dilarang misalnya di sepanjang jalan Sudirman. Kemudian, jalan Kolonel M Syukur. Lalu lokasi eks terminal bus dan beberapa lokasi lainnya.

Kapolres Merangin, AKBP A Nanan Setyo Utomo sendiri menghimbau masyarakat untuk mendukung komitmen damai yang akan disepakati empat pasangan calon.

 \"Selaku aparat penegak hukum, kita mengajak masyarakat Merangin semuanya untuk mendukung kesepakatan damai kandidat hari ini, sehingga Pemilukada Merangin berjalan aman tanpa terjadinya gesekan yang bisa mengakibatkan perpecahan,\" kata Nanan.
Ketua KPU Merangin, Barlef, dalam sambutannya, mengatakan dengan digelarnya acara tersebut diharapkan hajatan akbar masyarakat Merangin kali ini, berjalan sukses, aman, dan bersih sesuai dengan komitmen.
\"Mudah mudahan dengan adanya acara kampanye damai empat pasangan kandidat hari ini, benar benar diterapkan. Sehingga mampu meminimalisir terjadinya berbagai tindak pelanggaran yang mungkin akan terjadi nanti, dan pemilukada Merangin bisa sukses seperti harapan kita,\" ujar Barlef.
Setelah acara tersebut, empat pasangan kandidat langsung melakukan kompoi  keliling kota Bangko dengan membawa massa, kendaraan, dan embel-embel dengan semarak teriakan yel yel ciri khas masing-masing mereka. Salah satu kandidat yang berhasil diwawancarai, H Nalim mengatakan berkomitmen tidak akan melakukan tindakan yang berlawanan dengan hukum.

‘’Baik mengenai jadwal, mekanisme pemilu dan hal lainnya, sehingga Pemilukada bisa sukses aman dan bersih,\" ujar Nalim calon Bupati nomor urut satu.
Begitupun dengan Al Haris, calon Bupati nomor urut empat, yang juga berhasil dimintai tanggapannya, mengatakan hal yang sama menanggapi ikrar pemilu damai yang baru saja diikutinya.
\"Kami juga berkomitmen tidak akan melakukan pelanggaran dalam kampanye ini, termasuk hal hal yang dapat merugikan calon lain, dan saya pikir kandidat lain juga sudah berkomitmen yang sama,\" singkat Haris.

(bjg)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: