Sum Bakal Daftar Perdana

Sum Bakal Daftar Perdana

Hari Pertama Masih Kosong

JAMBI – Pendaftaran kandidat Walikota dan Wakil Walikota Jambi yang akan bertarung 29 Juni mendatang sudah dimulai. Kendati pendaftaran dibuka, namun belum ada satu pasangan bakal calon pun yang mendaftar.

                “Sum Indra seperti bakal daftar perdana. Informasi yang kita terima, Sum Indra mendaftar tanggal 15 Maret, Effendi Hatta 16 Maret dan Sy Fasha 17 Maret. Sementara Bambang Priyanto kita belum dapat informasi,” ujar Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi kepada harian ini kemarin.

Dikatakannya, pendaftaran tersebut dibuka sejak 12 hingga 18 Maret mendatang. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 WIB sampain 16.00 WIB. “Khusus untuk tanggal 18 Maret dibuka sampai dengan pukul 24 WIB,” katanya.

Ratna menjelaskan, untuk tata cara pendaftaran, kandidat yang dari partai politik atau gabungan partai politik harus mengantongi dukungan minimal tujuh kursi.

“Berkas pendaftaran kandidat dibuat tiga rangkap, satu rangkap asli dan dua rangkap fhotocopy yang dimasukkan dalam tiga map yang berbeda,” jelasnya.

Kemudian, masing-masing nama bakal pasangan calon dan nama partai politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan ditulis dengan huruf capital.

“Penyerahan berkas ini tidak bisa diwakilkan, lansung diserahkan oleh bakal pasangan calon,” tukasnya.

KPU sebagai penyelenggara dapat menolak pendaftaran apabila bakal pasangan calon tidak memenuhi ketentuan paling sedikit jumlah dukungan. “Kita kembalikan berkas pendaftarannya untuk diperbaiki atau dilengkapi sampai berakhir masa pendaftaran,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya sebanyak empat pasangan bakal calon telah mengambil formulir pendaftaran. Keempat pasangan tersebut yakni, Sy Fasha-Abdullah Sani (FAS), Effendi Hatta-Asnawi Ab, Sum Indra- Dr Maulana dan kandidat incumbent Bambang Priyanto.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: