Drainase Buruk, Rumah Terendam

Drainase Buruk, Rumah Terendam

Akibat Guyuran Hujan di Kota Jambi

JAMBI-Hujan lebat yang mengguyur Kota Jambi kemarin (12/03) membuat puluhan rumah warga di beberapa RT seperti di RT 19 dan RT 32 Kelurahan Simpang IV Sipin, Telanai Pura, tergenang air.

Menurut warga,  banjir dadakan itu terjadi sekitar pukul 03.30 wib dini hari (12/03). Tidak berfungisnya drainase dengan baik  diduga menjadi penyebab tergenangnya rumah warga.

‘’Air mulai masuk ke rumah kami sekitar pukul 03.30 Wib dini hari, setelah hujan lebat,’’  ujar Ita,  warga RT 19 Kelurahan Simpang  IV Sipin saat ditemui di kediamannya, kemarin.

Menurutnya, banjir tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya, akan tetapi debit airnya tidak terlalu besar hanya setinggi mata kaki yang masuk ke rumah.

            “Kali ini cukup parah, air yang masuk kerumah sudah setinggi lutut, kalau kemarin hanya semata kaki yang masuk kerumah,” ujarnya.

             Ita juga membenarkan banjir tersebut terjadi karena luapan air dari got  yang yang tidak bisa lagi menampung kiriman air dari Mayang dan Simpang Kawat sehingga membuat air naik dan masuk ke rumah. Selain itu, got tersebut buntu di perumahan PPA.

“Gotnya buntu di perumahan PPA, air tidak bisa mengalir lagi, makanya terjadi banjir,” tambahnya.

Warga RT 33 Dewi Rapika juga mengatakan hal yang sama. “Got nya sempit jadi kalau hujan lebat air pasti naik. Tapi kali ini terbilang parah biasanya airnya tidak sebesar ini nian,” ujarnya.

Dikatakannya, dirinya berharap pemerintah mermperhatikan kondisi got yang sempit yang sering mengakibatkan banjir tersebut, karena menurutnya banjir tersebut terjadi karena sempitnya saluran got.

”Kita harap pemerintah tanggap dalam memperhatikan ini, agar kejadian banjir seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Hingga tadi siang (kemarin, red) pukul 12.00 warga masih bertahan di rumah masing-masing walaupun rumah yang mereka tempati sudah di genangi air, warga memilih bertahan menunggu air surut. Bahkan warga mengaku belum ada bantuan yang masuk dari pemkot.

(cr7) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: