Diperingati dengan Khidmat

Diperingati dengan Khidmat

JAMBI-Perayaan hari raya Nyepi bagi umat Hindu berlangsung khidmat di Pura Jalan Lingkar Selatan Rt 05, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kota Baru Jambi. Lebih kurang 40 KK umat Hindu yang berada di Kota Jambi dan sekitarnya, membaca ayat suci Weda dan berdiam diri.

Pantauan jambiupdate.com (grup Jambi Ekspres, red) di Pura Lingkar Selatan, beberapa umat Hindu tampak duduk-duduk, tampak pula seorang ibu dan gadis remaja membuat canang dari daun kelapa, yang akan digunakan sebagai tempat sesaji untuk penyembahan. Hari raya Nyepi diawali dengan upacara Tawur Kesanga yang dilangsungkan Senin (11/03), dilanjutkan puasa 24 jam yang dimulai pagi ini dan berakhir besok pagi. Ada juga sedang membaca-baca buku untuk menghilangkan kejenuhan, tidak boleh terkena sinar matahari dan tidak tidur di malam hari.

Salah seorang umat Hindu Nyoman (21) yang diwawancarai, mengungkapkan pihaknya tidak boleh banyak berbicara. “Hari ini kita puasa dan tidak boleh beraktifitas sebagai puncak hari raya Nyepi. Yang jelas hari ini (kemarin, red) hanya berdiam diri menghadap Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan, ini sebaga introspeksi diri,\" ungkapnya.

(jenn)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: