Rumah Rusli Zainal Diobok-obok KPK

Rumah Rusli Zainal Diobok-obok KPK

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan kasus korupsi pembahasan revisi Perda PON Riau. Kali ini, komisi antirasuah itu menggeledah rumah tersangka Gubernur Riau Rusli Zainal di Jalan Pulau Panjang  Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (19/3).

Selain rumah Rusli Zainal, KPK juga mengeledah ruang kerja Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Setya Novanto dan anggota Fraksi Partai Golkar di DPR, Kahar Muzakir.

Tak hanya sampai disitu, KPK juga menggeledah PT Findo Muda di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Juru bicara KPK, Johan Budi menyatakan penggeledahan ini dilakukan dalam rangka pengembangan kasus dugaan suap Perda PON, dengan tersangka Rusli Zainal.

\"Penggeledahan dilakukan di tiga  tempat berkaitan penyidikan KPK dalam kasus dugaan suap revisi Perda PON Riau, dengan tersangka RZ,\" kata Johan Budi, Selasa (19/3).

Kendati sudah menggeledah ruangan Setya, Kahar, maupun Rusli, KPK belum berencana memanggil ketiga politisi Partai Golkar itu. \"Sampai hari ini belum ada rencana pemeriksaan Setya Novanto dan Kahar Muzakir,\" ungkap Johan.

Soal Rusli Zainal, sampai saat ini juga belum berencana dipanggil KPK, apalagi ditahan. \"Kapan dipanggil akan dicek,\" ungkap Johan.

Soal dugaan keterlibatan anggota Kahar Muzakir dan Setya Novanto pernah diungkap oleh saksi sekaligus terdakwa dalam sidang PON, Lukman Abbas.

Dia mengaku pernah menyerahkan uang kepada ajudan Kahar Muzakir untuk memuluskan usulan penambahan anggaran PON ke pusat senilai Rp 290 miliar.

Uang itu diserahkan beberapa tahap dengan jumlah mencapai 1 juta dollar amerika. Penyerahan uang ini dilakukan setelah Gubernur Riau Rusli Zainal mengadakan pertemuan dengan Kahar Muzakir dan Setya Novanto di DPR RI.

Namun saat diperiksa sebagai saksi, baik Kahar maupun Setya Novanto membantahnya.

(boy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: