Penyalur Masih Nakal

Penyalur Masih Nakal

Harga Pupuk Subsidi Diatas HET 

MUARA TEBO – Meski Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Tebo dan Bagian Sumber Daya Mineral (SDM) Setda Tebo, berkali melakukan inpeksi mendadak (sidak), namun penyelewengan pupuk bersubsidi masih saja terjadi. Khususnya di Kecamatan Serai Serumpun.

Para penyalur tersebut tetap saja melakukan penyelewengan, yakni menjual pupuk diatas Harga Eceran Tertinggi (HET). Alfret, Asisten II Setda Tebo yang juga Ketua KP3 Tebo berjanji akan menindak penyelewengan itu.

“Saya akan kordinasikan masalah ini bersama pihak yang terkait, terutama Bagian SDM Setda Tebo dan Badan Penyuluhan dan Ketahan Pangan Kabupaten Tebo,” kata  Afret.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk mengatasi keluhan para petani terkait  malasah pupuk. Sayangnya, para penyalur tetap saja melakukan penyelewengan dengan menjual pupuk diatas HET. “Kita akan cek dan pantau kembali aktivitas penyalur disana, sampai tidak ada lagi penyelewengan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh penyalur,” tegasnya.

Untuk diketahui, sudah lama para petani mengeluhkan kejanggalan pendistribusian pupuk bersubsidi di Kecamatan Serai Serumpun. Penyaluran dilakukan tanpa berpedoman pada Rencana Depenitif KebutuhanKelompok (RDKK).

“Hal ini sudah jelas-jelas menyalahi aturan. Kok sampai sekrang belum ada tindakan tegas dari Pemkab Tebo maupun pihak yang berwajib atas penyelewengan yang dilakukan oleh penyalur,” ujar salah seorang petani di Kecamatan Serai serumpun.

(azk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: