Wujudkan Nation dan Character Building

Wujudkan Nation dan Character Building

Rakor Kepemudaan dan Olahraga Dispora Jambi

JAMBI-Masalah kepemudaan dan olahraga bukan masalah sepele. Maka dari itu perlu pemikiran mendalam serta sinergitas antarlembaga agar bisa membawa identitas khas dari pemuda dan olahraga itu sendiri.

                \"Dibutuhkan nation dan character building untuk bisa menempatkan pemuda dan olahraga pada tempat seharusnya. Maka dari itu rapat koordinas kepemudaan dan olahraga Dispora Jambi ini digelar,\"jelas Kadispora Jambi, Satria Budhi, di aula Shang Ratu Hotel, kemarin.

                Dia mengungkapkan itu usai membuka rakor yang menurut rencana akan berakhir hari ini. Lebih jauh ia mengatakan bahwa rakor kali ini mewajibkan seluruh kadispora kabupaten/kota untuk hadir. \"Ini penting untuk menjalin koordinasi dan sinergi untuk merumuskan hasil rakor,\"ungkapnya.

                Dia juga mengatakan bahwa hasil dari rakor ini diharapkan bisa menjadi masukan buat pemerintah daerah masing-masing sepulang dari rapat. Salah satu yang juga dibahas adalah posisi pemuda itu sendiri. Masih banyak organisasi kepemudaan yang terlalu bergantung kepada pemerintahan. Padahal banyak sumber ide bahkan dana yang dari luar pemerintahan. Hal inilah yang menjadi salah satu sorotan di rakor.

                Sebagaimana sambutan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus yang dibacakan Hamdani, staf ahli gubernur. Dia berharap agar organisasi kepemudaan bisa lebih proaktif menggalang hubungan lebih luas agar ide dan wawasan bisa ikut menunjang jalannya organisasi kepemudaan itu.

                \"Boleh kok organisasi kepemudaan mencari dana ke organisasi internasional. Bahkan kalau sudah seperti itu, selain pemerintah terbantu, juga organisasi akan bisa lebih dikenal secara luas hingga ke tingkat internasional,\"ungkapnya dalam sambutan pembukaan rakor.

                Akses ke pemerintah pusat dia harapkan juga terus bisa digalang. Sebab sering pemerintah pusat mempunyai dana tapi tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. \"Padahal itu biasanya dana hibah. Itu yang seharusnya kita manfaatkan untuk kepentingan daerah. Demikian juga dengan olahraga. Banyak peluang dana dari pusat asal kita bisa menjalin akses ke sana (pemerintah pusat),\"jelasnya.

                Adapun Kadispora Jambi, Satria Budhi menambahkan bahwa ada juga pembahasan tentang pemikiran untuk menjadikan kabupaten/kota menjadi pembina cabang-cabang olahraga unggulan. \"Itu tentu akan kami bahas juga. Usai rakor ini, saya berharap para kadispora (kabupaten/kota), bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah masing-masing,\"ungkapnya.

                Rakor ini sendiri berlangsung selama tiga hari mulai 25 hingga 27 Maret hari ini. Bahkan kemarin, deputi Kemenpora bidang olahraga prestasi, Joko Pekik juga hadir untuk memberikan materi. Dalam materi yang disampaikan, Joko Pekik mengingatkan pentingnya pembinaan olahraga prestasi hingga ke daerah.

                Rakor diikuti puluhan peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Mereka yang hadir selain kadispora masing-masing daerah, juga kabid kepemudaan dan olahraga. Sangat banyak masukan yang tercetus di rakor tersebut. Akan sangat berarti jika pembangunan karakter dan kebangsaan ini bisa berjalan maksimal hingga ke level kabupaten/kota yang pada akhirnya bisa memunculkan pemuda dan atlet berkualitas.

(tya/adv)

                

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: