HBA: Harus Ada Terobosan

HBA: Harus Ada Terobosan

Tingkatkan Produksi 1 Juta Ton Padi

JAMBI- Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menekankan sangat pentingnya terobosan-terobosan untuk meningkatkan produktivitas dalam sektor pertanian khususnya untuk tanaman pangan.

Hal ini dikemukakan oleh gubernur dalam pembukaan Rapat Teknis Pertanian Tanaman Pangan Tahun 2013 se Provinsi Jambi, di Ballroom Hotel Novita, Kota Jambi, Rabu malam (3/4).

‘’Sangat sulit untuk mencapai peningkatan produktivitas pertanian tanaman pangan, diantaranya target pencapaian 1 juta ton padi, tanpa adanya terobosan-terobosan. Lakukan terobosan dan hal-hal besar untuk mencapai target,” ujar HBA dalam rapat tekhnis yang bertema ‘Melalui Rapat Teknis Tahun 2013 Kita Tingkatkan Peran Sumber Daya Manusia Pertanian Dalam Rangka Pencapaian Produksi 1 Juta Ton Padi Menuju Jambi EMAS 2015.

HBA juga mengungkapkan dirinya sudah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umu (PU) untuk mengecek dan memfungsikan irigasi dari hulu sampai hilir. “Irigasi harus betul-betul berfungsi dan bisa dimanfaatkan mulai dari primer, sekunder, dan tersier. Kalau ada nyangkut, kejar dimana nyangkutnya, perbaiki,” tegas gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi upaya pertanian yang dilakukan oleh Denpom Jambi, yang mana sehari sebelumnya (Selasa, 2/4), gubernur diundang oleh Denpom Jambi untuk melakukan panen tanaman-tanaman holtikultura.

Setelah penyampaian sambutan dilakukan penandatanganan MoU peningkatan produktivitas pertanian oleh Gubernur Jambi, Wakil Gubernur Jambi, Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, dan Danrem 042/Garuda Putih.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Ir. Spudnik Sujono, MS, dalam sambutannya mengapresiasi perhatian besar Gubernur Jambi terhadap pembangunan sektor pertanian.

 “Kita harapkan untuk Provinsi Jambi pada tahun 2013 dana APBN meningkat senilai Rp 27 M, khusus untuk tanaman panan,” ungkap Spudnik Sujono.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Ir.Amrin Aziz dalam laporannya pada intinya menyampaikan harapannya yakni agar rapat teknis ini benar-benar bisa menunjang pencapaian target pertanian se Provinsi Jambi, yang selanjutnya juga akan mendukung terhadap pencapaian target pertanian nasional.

Ir.Amrin Aziz juga menekankan agar seluruh pihak terkait dalam sektor pertanian meningkatkan sinergitas, Agar Dinas Pertanian Provinsi Jambi mensinergikan program pertanian tanaman pangan dengan kabupaten/kota, dan juga dengan program Pemerintah Pusat. “Hal ini sangat penting, agar program pusat, provinsi, dan kabupaten/kota terpadu,” ujarnya.

(ded/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: