Kadisdik Provinsi Bakal Turunkan Tim

Kadisdik Provinsi Bakal Turunkan Tim

MUARA BUNGO – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jambi, Erwan Malik akan menurunkan tim investigasi ke SMPN 1 Rantau Pandan. Hal ini menyusul adanya dugaan penggelembungan jumlah penerima dana Bantuan Operasional (BOS) di SMP Negeri 1, Rantau Pandan tersebut. “Kita akan turunkan tim kesana. Kita akan lihat apakah ada unsur kesengajaan atau tidak,” ujarnya.

Sementara terkait dengan sanksi, dirinya mengaku akan memberlakukan sanksi berat apabila itu memang terjadi dan disengaja oleh pihak sekolah. “Sanksi sudah diatur dalam aturan kepegawaian. Bisa juga untuk tahap selanjutnya dana itu tidak disalurkan lagi,” tukasnya.

Bupati Bungo, Sudirman Zaini, juga gerah dengan ulah pihak sekolah itu. Bahkan, dia memerintahkan Inspektorat Bungo untuk sesegera mungkin melakukan verifikasi data di lapangan guna mencari kebenarannya.

“Biar Inspektorat melakukan pemeriksaan dulu. Nanti hasilnya seperti apa itu yang akan menentukan langkah selanjutnya. Kalau memang ada unsur pidananya, silahkan diproses nanti ,” tegasnya.

Disebutkannya, pengelolaan dan penggunaan dana BOS diwajibkan dilakukan dengan transparan. Oleh karenanya, tidak mungkin guru hingga kepala sekolah mengaku tidak tahu penggunaan dana BOS.

“Berarti ini tidak transparan. Kalau perlu buat perencanaan . Berapa anggarannya dan untuk apa saja buat yang besar dan tempelkan di tembok. Agar guru-guru tau dan menjaga transparansi anggaran,” tandasnya.

(fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: