>

Banjir, Landa Beberapa Daerah

Banjir, Landa Beberapa Daerah

BANDUNG-Banjir di wilayah Kabupaten Bandung semakin meluas. Kini banjir melanda enam kecamatan, yakni Kecamatan Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot, Katapang, Majalaya, dan Rancaekek.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan mengatakan, banjir semakin meluas dan tambah parah setelah hujan deras terus mengguyur Kabupaten pada Minggu (7/4).

\"Enam kecamatan dilanda banjir. Air Sungai Citarum pun bertambah naik sekitar 60 sentimeter hingga lebih dari dua meter di beberapa lokasi setelah diguyur hujan,\" kata Marlan, Senin (8/4).

Marlan mengatakan, saat ini untuk banjir yang paling parah berada di wilayah Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot. Sebab di wilayah tersebut, banjir masih cukup tinggi sekitar dua hingga tiga meter.

Sementara itu, Kepala Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Baleendah, Sri Krisnawati mengatakan, saat ini pengungsi mencapai 3.976 jiwa yang tersebar di 20 titik pengungsian di Kecamatan Dayeuhkolot yakni Kantor Desa Citeureup, Kantor PLN Rayon Dayeuhkolot, Masjid As-Shofia, dan Gereja Dayeuhkolot.

\"Iya, jumlah pengungsi semakin bertambah. Kemungkinan akan terus bertambah, karena ada dari warga di luar Dayeuhkolot mengungsi di sini juga,\" ungkapnya.

Membeludaknya pengungsi di Kecamatan Dayeuhkolot, menurut Sri, diperparah dengan terputusnya hampir semua akses ke Dayeuhkolot. Akibatnya, Kecamatan Dayeuhkolot terisolir. Bantuan pun terpaksa harus diangkut menggunakan perahu karet.

\"Untuk mengantisipasi kebutuhan makanan pengungsi dan korban banjir. Sore ini akan mendirikan dapur umum, khusus bagi pengungsi di Kecamatan Dayeuhkolot, karena kondisinya terisolir. Bantuan pun terhambat masuk ke Dayeuhkolot, karena akses terputus semua,\" ungkapnya.

Sementara itu, jumlah pengungsi di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kecamatan Baleendah saat ini tercatat sebanyak 1.309 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi.

 

 Jumlah korban banjir di Kabupaten Bandung bagian selatan mencapai hampir 56 ribu atau tepatnya 55.957 jiwa. Mereka tersebar di tiga kecamatan masing-masing Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Sebanyak 6.345 jiwa di antaranya mengungsi.

\"Untuk Dayeuhkolot, titik banjir di Desa Dayeuhkolot, Cangkuang Wetan, Pasawahan, dan Citeureup. Total (korban banjir) ada 5.772 KK atau 18.084 jiwa,\" kata Koordinator Tagana Kabupaten Bandung Dadang Wahidin di Kantor Kecamatan Baleendah, Senin (8/4).

Dari jumlah itu, 902 KK atau 3.759 jiwa mengungsi. Total pengungsian di Dayeuhkolot ada di 15 titik, di antaranya Kantor Kecamatan Dayeuhkolot dan Koramil setempat.

Untuk Baleendah, yang terendam banjir adalah Desa Bojongmalaka, Rancamanyar, Andir, dan Kelurahan Baleendah. Korban banjir mencapai 9.521 KK atau 30.486 jiwa. Pengungsi di tiga titik mencapai 543 KK atau 2.355 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: