Harga Getah Kembali Anjlok

Harga Getah Kembali Anjlok

MUARATEBO -  Harga komoditi getah karet di Kabupaten Tebo kembali mengalami penurunan harga menjadi Rp 9 ribu. Sebelumnya, dua pekan terakhir harga getah karet masih di kisaran harga Rp 11 ribu untuk perkilonya.

Salah seorang petani karet di Kecamatan Tebo Ulu, Ali membenarkan adanya penurunan  harga getah karet. Menurutnya, harga getah karet mulai turun di pasaran dalam sepekan terakhir ini.

“Harga ini cukup membuat kami mengeluh sebagai petani karet, maklum berkebun karet merupakan mata pencaharian utama kami,\" jelas Ali, kemarin.

Dikatakannya, sebenarnya untuk harga bervariasi tergantung dari tengkulaknya masing-masing. Saat ini harganya ada yang Rp 9 ribu dan ada yang sudah 8 ribu. Namun, tidak ada yang melebihi harga 9 ribu, kecuali harga lelang. \"Kemungkinan kalau harga lelang masih 10 ribu,\" ucapnya.

Ali berharap, dengan adanya penurunan harga getah ini tidak berlangsung lama. Pasalnya, jika kondisi tetap bertahan seperti ini petani akan terus menjerit ditengah - tengah harha kebutuhan yang semakin mahal.

Heriyanto petani getah sekaligus pengumpul getah di Kecamatan Rimbo Bujang mengungkapkan hal yang sama. Dikatakannya, harga getah untuk saat ini sedang tidak stabil. Pasalnya, turunnya harga getah ini sudah terjadi selama dua pekan. \"Turunnya harga getah karet berdasarkan harga getah karet di pabrik yang juga turun,\" tukasnya.

Diungkapkannya, dengan harga yang cenderung murah petani mengeluhkan. “Apalagi harga yang murah ditambah pula dengan hasil getah yang kurang maksimal,”ungkapnya.

(azk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: