Antisipasi Flu Burung

Antisipasi Flu Burung

OTORITAS Hongkong sibuk meyakinkan masyarakat bahwa ayam-ayam impor bebas virus flu burung H7N9. Pejabat Urusan Kesehatan dan Makanan Ko Wing An mengatakan, pihaknya mengambil sampel ayam-ayam impor yang masuk melalui Man Kam.

Sampel itu dites ada atau tidaknya virus H5N1 dan H7N9. “Kami mengambil 30 sampel dari setiap seribu ayam impor,” kata Ko kemarin.

Sebetulnya, sejak 2010, semua ayam hidup dan produk ayam yang masuk ke Hongkong sudah melalui tes virus. Sejauh ini, belum ada kasus ditemukan.

Dari Tiongkok daratan dilaporkan dua kasus H7N9 terkonfirmasi. Kasus itu terjadi di Provinsi Jiangsu. Pemerintah Tiongkok membenarkan ada dua kasus baru flu burung H7N9 di Shanghai.

Temuan ini membuat angka kasus penularan flu burung itu menjadi 18 kasus. Sejauh ini virus tersebut telah mengakibatkan enam orang tewas. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, delapan orang lain yang terjangkit virus ini berada dalam kondisi yang parah.

Pemerintah Tiongkok telah melakukan sejumlah langkah untuk merespons berjangkitnya virus flu burung H7N9. Salah satunya dengan memperluas larangan perdagangan unggas di Kota Nanjing. Sebelumnya, pasar unggas di Shanghai telah ditutup.

(xin/rek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: