Puluhan Orang Hilang di Mahakam

Puluhan Orang Hilang di Mahakam

SAMARINDA- Sungai Mahakam kembali meminta korban. Kapal Motor (KM) Karya Indah yang mengangkut karyawan perusahaan kayu PT Kalamur, pecah dan tenggelam di Loa Janan Ilir, Samarinda, Rabu (17/4) sore. Alhasil, kapal berukuran sekira 3 x 15 meter ini, menumpahkan sekira 40 penumpang yang didominasi karyawan perempuan. Seorang di antaranya meninggal dunia. Lebih 20 orang dinyatakan hilang. 

Dari informasi yang dihimpun media ini, sebelum karam ke dasar sungai, kapal lebih dulu oleng ke kiri. Kemudian tenggelam dengan moncong lebih dulu tenggelam. Menurut beberapa saksi yang ditemui di sekitar lokasi, aliran sungai saat itu cukup deras. Sehingga, menyulitkan korban yang terjatuh saat menyelamatkan diri.  

Area sepanjang tepian di Jalan Ciptomangunkusumo, Samarinda Seberang, dikerumuni ratusan orang. \"Saya mau masuk, adik saya hilang, penumpang kapalnya,\" ujar Baharuddin, warga Jalan Ciptomangunkusumo. Dia harus berulang-kali mengatakannya demi menembus kerumunan manusia di depan pagar masuk terminal penyeberangan.

\"Sebaiknya tim pencarian mencari tahu dari perusahaan, daftar orang-orang yang pulang jam lima tadi. Jadi tahu siapa saja penumpangnya. Ini masalah \"kan bisa mengerucut. Supaya saya tidak bolak-balik begini,\" terang Baharuddin.

Ketegangan antara tim SAR dengan Baharuddin berlangsung kurang-lebih 10 menit. Tim SAR sendiri mengaku hanya bisa mendata kehilangan dan mencatat penumpang yang sudah diselamatkan. Sebab, mereka juga belum berkomunikasi dengan perusahaan.

Sebelumnya, seorang perempuan berbaju oranye sudah pingsan karena suaminya diyakini ikut kapal nahas tersebut dan belum ditemukan.

(her/luc/*/byg/*/riz/*/fch/zal ) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: