Reses, dr Indrawati dan BPOM Cek Jajanan Sekolah

Reses, dr Indrawati dan  BPOM Cek Jajanan Sekolah

JAMBI – Masa reses dimanfaatkan oleh anggota DPR RI dari Demokrat Dapil Jambi, dr Indrawati Sukadis, M.Si  bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jambi, melakukan pengecekan sampel jajanan sekolah di sejumlah sekolah di Kota Jambi. Ini dilakukan guna memastikan apakah ada bahan kimia berbahaya dalam makanan yang sering dikonsumsi anak-anak.

Sejumlah sekolah yang diambil sebagian sampelnya, yakni SD Negeri 47 Kota Jambi dan SD Negeri 131 Kota Jambi. BPOM langsung melakukan uji awal di mobil pengujian milik BPOM Jambi pada bahan makanan berupa kerupuk, roti, kue dan jajanan ringan yang sering dikonsumsi anak-anak sekolah.

Indrawati Sukadis yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI kepada wartawan disela-sela kegiatan resesnya tersebut mengatakan, hal ini dalam rangka tugas pengawasannya di Jambi. Pengawasan ini adalah tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat yang duduk di parlemen.

“Ini sangat bagus dan ini memang sudah lama dilakukan, seperti SD Negeri 47 ini sudah menang tiga kali hasil pemeriksaan BPOM untuk melihat makanan-makanan dan jajanan-jajanan yang ada di sekolah,” katanya.

Salah satu kader terbaik Demokrat yang sangat peduli dengan Jambi ini sangat merespon apa yang dilakukan BPOM ini. “Kita sangat merespon apa yang dilakukan oleh BPOM ini, ini sangat penting. Semoga semua hasil uji makanan ini negativ,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Jambi Irwansyah sangat bangga sekali dengan Indrawati Sukadis yang mau melihat secara langsung apa yang dilakukan pihaknya sebagai salah satu mitra kerja Komisi IX.

“Dengan adanya kunjungan Ibu Indrawati dari Komisi IX ini mudah-mudahan ke depan akan memperhatikan BPOM khususnya untuk di Jambi. Adanya dukungan dari Komisi IX itu yang kami harapkan. Kami sangat bangga sekali kami Ibu Indrawati bisa hadir langsung menyaksikan program ini,” ungkapnya.

Program ini menurutnya, selain untuk melakukan pengecekan sejumlah jajanan disejumlah sekolah untuk memastikan, apakah ada bahan kimia berbahaya terkandung dalam makanan yang sering dikonsumsi anak-anak, juga untuk memberikan informasi tentang jajanan sehat.

“Program ini untuk bagaimana kita memberikan informasi kepada masyarakat, kepada anak didik kita agar mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak berbahaya,” ujarnya.

Ini merupakan upaya preventif BPOM Jambi, sehingga tak ada bahan makanan terbuat dari bahan berbahaya yang beredar tanpa terkontrol di masyarakat.

“Juga agar perilaku anak didik kita bisa berubah, dari membuang sampah sembarangan menjadi membuang sampah pada tempatnya. Juga kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” tandasnya.

Kepala SD Negeri 47 Kota Jambi, Syargawi juga sangat menyambut baik kunjungan yang dilakukan Indrwati Sukadis. “Kami sangat bahagia dengan kunjungan dari Anggota DPR RI, Indrawati Sukadis  bersama BPOM Jambi,  dengan momen ini mudah-mudahan anak kita bisa sehat dan cerdas,” ungkapnya.

Di SD 131 Kota Jambi, Indrawati juga langsung melakukan pengecekan sampel makanan yang disaksikan oleh guru-guru sekolah tersebut, bersama Balai POM.

Selain menyaksikan langsung pengujian sampel makanan, Indrawati juga sempat bertatap muka dengan murid-murid sekolah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: