Dishub Sebut Sumbang PAD Rp 500 Juta

Dishub Sebut Sumbang PAD Rp 500 Juta

Terminal Truck Lingkar Selatan Sepi

JAMBI-Terminal truk milik Pemkot Jambi yang berlokasi di Lingkar Selatan Kota Jambi,  sepertinya masih sepi dari aktivitas bongkar muat barang. Pasalnya, berdasarkan pantauan koran ini,  kemarin, hanya beberapa mobil truck saja yang terlihat ‘ngetem’ di sana.

Bahkan, kondisi kawasan terminal itu sepertinya juga kurang begitu terawat,  ini terlihat dengan tingginya rumput-rumput di kawasan terminal.

Namun demikian, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Zainal Abidin yang dikonfirmasi terkait hal ini, justru menyebut,  truck-truck tetap ramai masuk ke dalam terminal.

“Sebetulnya ramai truk yang masuk ke terminal itu,” ujar Zainal Abidin.

Dikatakannya,  pihaknya (Dishub, red) dan DPRD Kota Jambi pada beberapa waktu lalu sudah meninjau aktivitas dan kelayakan dari terminal tersebut.

“Kami dan anggota pansus dari DPRD telah kesana beberapa waktu lalu, pada saat itu saja ada 7 truk fuso yang bongkar di terminal itu,” jelasnya.

“Dan itu menurut tinjauan bersama DPRD, itu tetap layak dan tetap harus aktif,” tambahnya.

Dengan kondisi ini, menurutnya, PAD yang disumbang oleh terminal tersebut juga selalu seratus persen yakni Rp 500 juta pertahunnya.

“Terminal itu sumbang PAD besar Rp 500 juta, dan itu berarti terminal tersebut aktif,” sambungnya.

Zainal mengatakan memang ada truk yang tidak bongkar di terminal tersebut, akan tetapi langsung ke dermaga atau pun pelabuhan, namun truk tersebut tetap bayar retribusi.

“Truk yang langsung ke pelabuhan tetap bayarv retribusi, itu termasuk truk batu bara atau CPO,’’ katanya.

Sambungnya lagi sumbangan PAD dari seluruh terminal yang ada target besarnya mencapai Rp 3 miliar (M) pada tahun 2102, dia mengatakan tahun 2013 ini akan mengusahakan over target.

“Tiap tahun selalu mencapai target Rp 3 M, namun 2013 ini kita usahakan lebih dari target, yang pasti jangan sampai dibawah target,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: