Jalan Rusak Bakal Dicor Beton

Jalan Rusak Bakal Dicor Beton

MUARATEBO – Pebaikan jalan jalan di berbagai desa di Kecamatan Muara Tabir  dengan sistem rigid atau cor beton. Hal itu diungkapkan oleh Arif Makruf Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tebo.

Dikatakanya, alasannya, lokasi jalan tersebut berada di titik rawan terendam banjir. Bila diperbaiki dengan cara pengerasan dan pengaspalan, dikawatirkan rentan rusak lagi.  “Pengalihan tersebut dilakukan mengingat kualitas rigid diklaim lebih terjalin dan tahan lama tanpa harus mengeluarkan biaya pemeliharaan rutin,” kata Arif

Ditambahkannya, kondisi rusaknya jalan utama disejumlah desa di Kecamatan Muara Tabir sudah terjadi senjak lama. Bahkan, kondisinya kian hari semakin parah. “Apalagi ketika musim hujan dan musim banjir. Kondisi jalan semakin parah karna badan jalan menjadi lembut akibat air,” tuturnya.

Diterangkannya juga, kerusakan jalan tersebut sudah sering diperbaiki oleh pihak perushaan yang beraktivitas disana. Salah satunya dengan cara menimbun lubang jalan dengan batu. Tetapi tetap saja tidak bertahan lama dan jalan kembali rusak dan berlubang.

“Selain konstruksi tanahnya memang lembut, pihak perusahaan melalui perencanaan yang matang untuk memperbaiki jalan tersebut. Akibat, setiap kali diperbaiki, jalan kembali rusak dan berlubang,”ungkapnya

Pembangunan jalan dengan sistim rigid atau cor beton, terutama jalan di Desa Embacang Gedang dan jalan di Desa Bangko Pintas. Sebab, menurutnya, jalan di dua desa tersebut rawan terendam banjir. “Jika diperbaiki dengan sistem cor beton, jalan menjadi lebih kokoh dan tahan terhdap banjir,” pungkasnya.

(azk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: