Dinkes Jadwalkan Operasi Dea

Dinkes Jadwalkan Operasi Dea

 

MUARABULIAN – Kadinkes Batanghari, Haflin, mengatakan pihaknya saat ini masih berkoordinasi terkait jadwal operasi Dea Novriani (4,5) tahun, anak pertama dari pasangan Ema Mardiana dan Ansari, warga Desa Sungai Baung RT 08 Kecamatan Muarabulian Batanghari, yang menderita penyakit Hidrosefalus, untuk dioperasi. ‘’Operasi pengangkatan cairan di kepala akan dilakukan di RSUD Raden Matahher Jambi,’’ sebutnya.

Jika RSUD Raden Mataher tidak bisa menanggani Dea, katanya, maka pihaknya berusaha menyiapkan dana, dan berupa bantuan lainnya agar Dea operasi di luar provinsi. ‘’Intinya, Dea akan dibantu sampai ke pusat. Dea merupakan peserta Jamkesmas. Dan selama di rumah sakit, akan diberikan biaya pendamping bagi keluarga yang menunggu. Selain itu, jika dirujuk dari Jambi, semua biaya perjalanan akan ditanggung,\" tegasnya.

Sementara Kabag Penanggulangan Penyakit dan Pencegahan Lingkungan, Hermina Basri mengatakan, langkah untuk mengobati Dea adalah operasi. ‘’Jika tidak  maka kepala penderita akan terus membesar dan mengakibatkan otak akan menyempit dan tertekan. Selain itu, kondisi tubuh akan terus melemas, kaki dan tangan akan mengecil. Operasi yang dilakukan yaitu cairan yang berlebih dikepala dialirkan ke tubuh dan dikeluarkan dari pembuangan,\" jelasnya. .

(adi)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: