Masuk Koridor Ekonomi Sumatera

Masuk Koridor  Ekonomi Sumatera

Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

JAMBI- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) ternyata tidak menyebutkan item-item proyek apa saja yang didapat oleh daerah, termasuk untuk Provinsi Jambi.

                Namun demikian pembangunan pelabuhan Ujung Jabung telah dimasukkan dalam koridor ekonomi Sumatera. “Sebelumnya kan belum dimasukkan,” beber Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Fauzi Anshori, saat dikonfirmasi koran ini, kemarin.  

Menurutnya, Musrenbang hanya merumuskan tiga poin arah pembangunan secara nasional. Yang intinya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di dalam peningkatan kesejahteraan rakyat itu, sambungnya, include didalamnya pengentasan kemiskinan, mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan infrastruktur. Ketiga hal itu disingkronkan dengan arah pembangunan Provinsi, Kabupaten dan Kota. “Pengentasan kemiskinan bisa melalui PNPM, lalu program keluarga harapan (PKH), lalu bantuan beasiswa, pemberian raskin dan lainnya,” sambungnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, katanya lagi, pemerintah diharuskan untuk mendorong sektor peningkatan ekonomi seperti pertanian, industri kecil dan menengah serta sektor lainnya. “Yang ketiga soal infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Seperti jalan, irigasi, itu yang disepakati,” katanya.

 “Ketiga isu strategis tadi didorong bersama. Nanti proyek apa saja yang akan diberikan, itu tergantung di kementrian namun disinerjikan dengan tiga isu arah pengembangan itu tadi. Sekarang gambaran umum saja soal arah pembangunan. Dan nanti lembaga kementrian yang menentukan programnya apa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) belum lama ini mengikuti Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas)  Tahun 2013 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja (RKP). Dari kegiatan itu diangkat tema ‘Memantapkan Perekonomian Nasional bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan’.

Gubernur Jambi menegaskan, pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung yang ada di Provinsi Jambi menjadi Prioritas Program Nasional untuk tahun 2014.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: