Bakal Jadi Jalan Nasional

Bakal Jadi Jalan Nasional

Jalan Bangko-Kerinci

JAMBI- Jalan dari Bangko menuju Kerinci bakal ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional. Saat ini, pihak pemerintah Provinsi Jambi, melalui Dinas PU Provinsi Jambi, sedang melakukan lobi di Kementrian PU terkait rencana itu.

‘‘Jadi memang ada keinginan, kita ajukan ke kementrian PU agar diusahakan jalan ini menjadi jalan nasional. Karena jalan ini termasuk dalam jalan strategi nasional. Kalau sudah masuk dalam strategi nasional jadi pendanaan bisa melalui APBN,’‘ kata Ivan Wirata, Kepala Dinas PU Provinsi Jambi.

Dia mengatakan, saat ini, untuk menangani kondisi jalan itu, pihaknya telah menggarkan dana senilai kurang lebih Rp 20 Miliar. Namun sayangnya, dia mengatakan, anggaran itu tak bisa memenuhi perbaikan secara keseluruhan.

‘‘Untuk sekarang sudah dianggarkan sekitar 20 m di APBD Provinsi. Mungkin di APBD perubahan akan ditambah lagi. Saya pikir ini untuk kalau bisa di multiyears-kan,’‘ katanya.

Menurutnya, saat ini, di ruas jalan Bangko Kerinci itu, ada sepanjang 30 Km jalan yang rusak berat. ‘‘Yang tertampung di APBD dengan total Rp 20 M itu paling hanya bisa menangani sepanjang 7 km. Nanti di APBD Perubahan  ditambah namun tergantung penyerapan. Paling sekitar Rp 10 M,’‘ ungkapnya.

‘‘Namun kalau sudah dijadikan jalan nasional maka kita aman. Kita sudah lobi-lobi juga, kalau bisa tahun depan masuk dalam strategi nasional. Itu sudah masuk karena tahun 2014 semua yang direncanakan baru masuk strategi nasional,’‘ pungkasnya.

(wsn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: