Deforestasi Hutan Capai 76. 522 Ha

 Deforestasi Hutan Capai 76. 522 Ha

JAMBI- Deforestasi hutan Jambi mencapai angka yang cukup fantastis. Dari data dirjen planologi kehutanan kementrian kehutanan, menunjukkan bahwa, pada tahun 2012 lalu, deforestasi hutan Jambi mencapai angka 76. 522, 10 hektar (Ha).

                “Itu terdiri dari 56, 10 hektar hutan primer, lalu 65. 986, 50 hektar hutan sekunder dan 10. 480, 10 hektar hutan lainnya,” kata Staf ahli Gubernur bidang hukum dan Politik, Husni Djamal, saat membuka kegiatan sosialisasi dan bimbingan tekhnis program menuju indonesia hijau Provinsi Jambi, kemarin (6/5).

                Sementara, data dari balai pengelolaan DAS Batanghari Provinsi Jambi, sambungnya, menunjukkan, jika pada tahun 2012 lias lahan kritis mencapai 1, 2 juta hektar. “Terdiri dari luas lahan kritis di dalam kawasan hutan seluas 435. 930 hektar dan lahan kritis di luar kawasan hutan seluas 797. 661 hektar,” jelasnya.

                Kondii itu, disebutkannya, sangat berpotensi untuk menimbulkan bencana ekologis seperti longsor, kebakaran hutan dan kekeringan. Oleh karenanya, data itu harus menjadi perhatian bagi pemerintah untuk menurunkan laju deforestasi hutan.

                Masih menurut data dirjen planologi kehutanan kementrian kehutanan, pada tahun 2012 lalu, hanya 57, 11 persen luas hutan di Jambi yang bervegetasi. Sementara sisanya, seluas 42, 89 persen tidak bervegetasi.

                Sementara itu, Sekretasris Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi dalam sambutannya mewakili Kepala Badan menyebutkan, program menuju indonesia hijau harus ditopang dengan pemberian sosialisasi dan bimbingan kepada daereah. “Tujuannya, adalah untuk menyusun profil kondisi hutan di daerahnya sesuai data dan informasi lengkap sebagai pedoman,” pungkasnya. 

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: