Hasil Investigasi UN Diabaikan

Hasil Investigasi UN Diabaikan

 \"Tetapi setiap kami undang untuk konfirmasi, yang bersangkutan tidak datang. Kami semakin curiga, kenapa kok mangkir,\" ujarnya. Kondisi ini lantas membuat investigasi dugaan korupsi di tender UN sampai sekarang belum rampung. Haryono mengatakan pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memaksa mendatangkan pegawai.

 

Tidak Sentuh BSNP

 Dalam paparan investigasi UN kemarin, sama sekali tidak menyentuh posisi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Padahal dalam struktur pelaksanaan UN, BSNP berada di pucuk organisasi kepanitian. Pihak BSNP sendiri tidak dihadirkan dalam paparan investigasi UN.

 Muncul dugaan jika investigasi sengaja tidak diarahkan Kemendikbud ke BSNP. Upaya ini diambil karena BSNP telah mengakui keabsahan UN 2013 yang pelaskanaanya kacau. Aroma politik transaksional sangat kental. Alurnya, BSNP dipaksa mengakui keabsahan UN. Kompensasinya mereka lepas dari proses investigasi UN.

 Haryono mengakui bahwa dalam presentasi kemarin tidak disinggung BSNP. Namun dia mengatakan investigasi unsur pelaskanaan tender UN belum beres. \"Nah dalam investigasi tender ini bisa mengarah kemana-mana (termasuk BSNP, red),\" paparnya.

 Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan sesi investigasi kemarin murni memaparkan internal Kemendikbud dulu. \"Yang lain-lain nanti ada sesinya sendiri,\" tandasnya. Termasuk gerbong pengunduran diri sejumlah pejabat lain di Balitbang Kemendikbud.

(wan/ken)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: